Medan, 4/11 (Antara) - Seorang tahanan dari 14 orang yang kabur dari Cabang Rumah Tahanan Negara Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, telah menyerahkan diri kepada petugas di institusi hukum tersebut.

"Tahanan yang menyerahkan diri itu, atas nama Imron warga Jalan Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang," kata Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut Yoseph di Medan, Rabu.

Tahanan Imron itu, menurut dia, mendatangi Cabrutan Pancur Batu pada Selasa malam (3/11) dan diantarkan secara langsung oleh pihak keluarganya.

"Penyerahan diri dilakukan tahanan tersebut, merupakan kesadaran cukup tinggi, karena perbuatan yang dilakukan Imron adalah salah dan melanggar hukum," ujar Joseph.

Ia menyarankan, kepada para tahanan dan narapidana lainnya yang belum tertangkap agar segera menyerahkan diri secara baik-baik ke Cabrutan Pancur Batu.

Joseph menyebutkan, dengan penyerahan diri Imron tersebut, berrati tahanan dan narapidana yang masih melarikan diri tinggal 13 orang lagi.

"Personel Polresta Medan bekerja sama dengan Polsek Pancur Batu masih terus melakukan pengejaran terhadap napi dan tahanan yang kabur," kata Kadiv Pemasyarakatan.

Sebelumnya, 14 tahanan dan narapidana Cabrutan Pancur Batu melarikan diri dari kamar sel pada Minggu (1/11) pagi.

Tahanan itu kabur dengan cara memanfaatkan kelengahan petugas yang sedang jaga, saat kegiatan ibadah minggu dan masuknya bahan baku makanan di Cabrutan Pancur Batu.

Para tahanan tersebut, juga memukul petugas jaga dan mengambil kunci pintu depan utama kantor Cabrutan Pancur Batu. 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Fai


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015