Nia Utara, 30/10 (Antarasumut) - Kegiatan panen raya padi yang dilakukan diareal persawahan Torowa Desa Lasara Sawo bersama masyarakat yang didampingi Ketua dan Anggota DPRD Nias Utara, Kasdim Nias, Kepala Dinas Pertanian Nias Utara, Kakan Ketahanan Pangan Nias Utara, Camat Sawo, Unsur Muspika, Kamis.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Nias Utara Temazaro Gea melaporkan bahwa pelaksanaan panen raya berdasarkan surat Camat bersama Kepala Desa dan PPL Sawo untuk menghadiri sekaligus melaksanakan panen raya padi  diareal persawahan Torowa, Desa Lasara Sawo Kecamatan Sawo yang telah berhasil mengolah sawah selama ini.

Sehingga menghasilkan butiran-butiran padi yang menguning yang terbentang luas dihadapan kita sekarang.

Mewakili kelompok tani Ama Fazar Telaumbanua menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Nias Utara telah memperhatikan masyarakat Sawo selama ini, baik di Bidang Pendidikan, Pertanian, Nelayan, Kesehatan, dan Infrastuktur serta telah memberdayakan masyarakat Lasara Sawo di areal persawahan Torowa ini.
Untuk itu, Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara dan juga kepada Dandim 0213 yang telah menurunkan Babinsa untuk membantu dan bekerja sama dengan petani di Torowa Lasara dalam menyukseskan swasembada pangan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nias Utara Drs. Folo’o Harefa, MM menyampaikan bahwa di Desa Lasara Sawo ada 12 Kelompok Tani dengan areal persawahan seluas 271 Ha, dan selama ini Pemerintah Kabupaten Nias Utara melalui Dinas Pertanian Kabupaten Nias Utara telah memberikan banyak bantuan kepada semua kelompok tani di Desa Lasara Sawo.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nias Utara menambahkan bahwa kunjungan di areal persawahan ini telah dilakukan sebanyak 5 kali, antara lain pada saat meninjau pembangunan irigasi, pemberian Partier, Oplah, Pemberian Bantuan pupuk dan pemberian Hand Traktor kepada kelompok tani.

Lebih jauh, Drs. Folo’o Harefa, MM mengucapkan terimakasih kepada Babinsa yang telah membina petani selama ini mengenai bagaimana cara melakukan bercocok tanam.

Sambutan Kasdim Nias oleh Keles Sinaga menyampaikan bahwa selama ini, TNI telah menjalin hubungan baik dengan masyarakat Nias Utara yang ditandai dengan adanya kerjasama dibidang pertanian, dan berharap agar hubungan baik ini dapat terus dipertahankan.

Selanjutnya, Keles Sinaga mengatakan bahwa Panglima TNI dan Kasad telah menandatangani MoU dengan Menteri Pertanian Republik Indonesia untuk membantu menyukseskan swasembada pangan pada tahun 2017 mendatang. Untuk itu, Panglima TNI menginstruksikan kepada seluruh Babinsa untuk membantu petani di seluruh wilayah Indonesia.

Ketua DPRD Nias Utara Drs. Foanoita Zai memberikan apresiasi tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara yang terus berupaya mensejahterakan rakyatnya, untuk menyukseskan swasembada pangan di Kabupaten Nias Utara.

Serta berharap agar petani dapat terus diberdayakan dalam mengembangkan lahan pertanian sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal. Kami pihak legislatif terus mendukung program Pemerintah Kabupaten Nias Utara dalam bidang pertanian, agar pertanian di Kabupaten Nias Utara semakin optimal dimasa yang akan datang.

Arahan dan bimbingan Bupati Nias Utara Drs. Edward Zega, B.Sc, MM menyampaikan bahwa Pemerintah terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan pangan di Nias Utara, agar mampu mencukupi kebutuhan pangan (Beras) di daerah sendiri dan tidak lagi mendatangkan beras dari luar, bahkan kalau bisa dapat  mengekspor beras keluar daerah.

Lebih lanjut, Bupati Nias Utara berterimakasih kepada pihak yang telah membantu selama ini baik dari pihak TNI yang telah mengutus Babinsa untuk membina petani selama ini dalam mensukseskan swasembada, dimana Pemerintahan Kabinet Kerja yaitu Kedaulatan pangan dalam 3 Tahun mendatang.

Untuk  itu, dengan kerja sama yang baik ini mari kita dukung program swasembada pangan dapat terwujud pada Tahun 2017 mendatang.

Lebih jauh, Drs. Edward Zega, B. Sc, MM mengatakan bahwa panen ini merupakan keberhasilan bersama dan mengingatkan bahwa semua ini merupakan berkat yang kita terima dari Tuhan, untuk itu jangan lupa berserah diri kepada Tuhan sebab semua ini hanya titipan yang Maha Kuasa.

Bupati Nias Utara juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras, sehingga Panen Raya Padi areal persawahan Torowa Desa Lasara dapat berjalan dengan baik, termasuk kepada petani Torowa.

Untuk itu,  Bupati Nias Utara mengatakan akan membantu para petani Torowa dengan memberikan Hand Traktor sebanyak 5 Buah dan akan diserahkan pada bulan yang akan datang.

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015