Medan, 28/10 (Antara) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Malaysia sepakat meningkatkan kerja sama dalam banyak bidang termasuk membuat kota bersaudara antarkota.

"Kerja sama antara Pemprov Sumut dan Malaysia yang sudah cukup bagus selama ini harus lebih ditingkatkan karena akan sama-sama menguntungkan," kata Pelaksana tugas Gubernur Sumut H T Erry Nuradi di Medan, Rabu.

Dia mengatakan itu saat berdialog dengan Konsulat Jenderal Malaysia untuk di Sumatera Utara, Amizal Fadzli Rajali yang baru bertugas di daerah itu.

Menurut Erry, peningkatan kerja sama dinilai semakin penting karena wilayah keduanya saling berdekatan dan selama ini hubungan juga sangat baik.

Kunjungan wisatawan Malaysia ke Sumut misalnya paling banyak dan sebaliknya masyarakat Sumuti yang ke Malaysia juga terus meningkat.

Pelajar Malaysia di Sumut juga terus meningkat dan hal sama juga dari Sumut.

"Mungkin yang perlu dijajaki kerja sama di sektor pendidikan adalah pertukaran belajar antarpegawai pemerintah,"kata Plt Gubernur Sumut.

Kerja sama lainnya juga adalah peningkatan kota bersaudara di Sumut dan Malaysia, seperti yang sudah ada antara lain Medan-Penang.

Konsul Malaysia di Sumut, Amrizal Fadzli Rajali mengaku, Malaysia memang terus berupaya meningkatkan hubungan kerja sama dengan seluruh provinsi, kota dan kabupaten di Indonesia untuk memperkuat hubungan Indonesia-Malaysia.

"Saya berharap dukungan dari Pemerintah Provinsi Sumut dalam menjalankan tugas sebagai Konsulat Jenderal di Sumut," katanya.

Dia menilai Sumut juga memberi kontribusi besar dalam banyak hal untuk Malaysia seperti kunjungan wisatawan, berobat dan untuk sekolah. ***2***

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015