Medan, 15/9 (Antara) - Bank Sumut meraih penghargaan The Best Champion of Medan WOW Service Excellence dengan kategori Bank Konvensional Buku II.

"Penghargaan itu membanggakan daerah Sumut serta Bank Sumut dan dipastikan menambah semangat seluruh jajaran Bank Sumut untuk memberikan layanan lebih baik kepada nasabah," kata Direktur Pemasaran Bank Sumut, Ester Junita Ginting di Medan, Selasa.


Ester mewakili manajemen Bank Sumut menerima The Best Champion of Medan WOW Service Excellence Award (SEA) dengan katagori Bank Konvensional Buku II itu yang diserahkan Chief Operating Officer MarkPlus, Inc, Jacky Mussry dan Pelaksana Harian Wali Kota Medan, Syaiful Bahri.


Bank Sumut, ujar Ester yang didampingi manajemen lainnya, semakin bangga karena sebelumnya bank itu memperoleh penghargaan untuk kategori Gold Championship Saving Account Bank di Jakarta pada 10 September.


Apalagi, penghargaan WOW SEA itu diperhitungkan dari berbagai aspek dengan berdasarkan indeks kepuasan pelanggan terhadap lima dimensi penilaian.

Mulai dari sejauhmana perubahan pencitraan Bank Sumut, tingkat kesukaan nasabah/masyarakat, kemudahan mendapatkan produk terhadap bank hingga penilaian layanan kepada nasabah.

"Dengan adanya penghargaan itu berarti Bank Sumut sudah memenuhi seluruh kriteria dan itu membanggakan," katanya.

Meski demikian, kata Ester, penghargaan itu akan dijadikan sebagai pemicu semangat untuk bisa tampil sebagai bank yang lebih baik dan dipercaya.

Dalam acara itu, ada 11 pemenang MarkPlus WOW SEA 2015 Medan yang berasal dari perbankan, operator seluler, rumah sakit, perusahaan pembiayaan hingga perusahaan otomotif.

Chief Operating Officer MarkPlus, Inc, Jacky Mussry, mengatakan, SEA digelar sejak tahun 2009 sebagai bentuk apresiasi terhadap "local champion" di kota- kota besar di Indonesia dalam melakukan pelayanan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.


Tahun 2014, SEA diperbaharui menjadi MarkPlus WOW SEA yang mengadopsi konsep WOW marketing dari MarkPlus, Inc.


WOW SEA merupakan penganugerahan bagi merek-merek di daerah yang memiliki kualitas layanan terbaik bagi konsumennya.


Dia menjelaskan, ada lima dimensi yang dijadikan kriteria sebagai pemenang.

Pertama seberapa jauh perubahaan memperlihatkan citra perusahaan kepada konsumen.

Ke dua, seberapa suka konsumen terhadap merek yang mereka ketahui sehingga lebih memilihnya daripada merek lain.

Ke tiga adalah seberapa mudah konsumen mencaritahu mengenai merek yang akan dia gunakan.

Ke empat adalah pada tahap itu konsumen bisa menentukan apakah merek yang digunakan berhasil menjawab kebutuhannya atau tidak.


Adapun kriteria ke lima adalah `quality of service` yang menunjukkan seberapa puas konsumen terhadap layanan yang diberikan oleh perusahaan.

"Hasil survei WOW SEA, konsumen menilia Bank Sumut sudah memiliki semua kriteria itu," katanya.

Dia menegaskan, dengan penghargaan itu, Bank Sumut diharapkan bisa menjadi bank daerah yang lebih baik dan bisa sejajar dengan bank umum besar lainnya.

Apalagi, penghargaan itu juga mengevaluasi seluruh aspek penawaran produk dan jasa dimulai dari kesesuaian atribut produk sampai kesesuaian informasi yang disampaikan.

"Kalau industri jasa keuangan perusahaan daerah seperti Bank Sumut semakin baik dan kuat, tentunya akan memberi kontribusi kepada peningkatan ekonomi masyarakat, pemerintah daerah yang selama ini juga memberi kontribusi besar ke nasional," katanya.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015