Doloksanggul, Sumut, 28/7 (Antara) - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa tidak ada alasan untuk penundaan dan kendala pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah yang akan dilaksanakan secara serentak.

“Negara akan membiayai pelaksanaan Pemilukada di 269 daerah. Sehingga tidak ada lagi alasan untuk penundaan dan kendala dalam Pemilukada,” tegas TJahjo disela kehadirannya dalam agenda peresmian Kantor Bupati Humbanghasundutan yang berketepatan digelar di Hari Jadi ke-12 Kabupaten tersebut di Doloksanggul, Selasa.

TJahjo mengatakan jika langkah pengantisipasian berbagai kemungkinan yang bakal terjadi, yang tidak diinginkan pihak pemerintah juga telah disiapkan dengan menyediakan dana pengamanan kepada pihak Kepolisian serta TNI.

Menyoal pelaksanaan Pemilukada, dirinya optimis bahwa perhelatan pesta demokrasi itu akan diikuti sejumlah calon.

“Apabila masih ada daerah yang Pemilukadanya masih hanya diikuti satu calon maka pembukaan tiga belas hari pendaftaran akan memungkinkan ada calon baru untuk mendaftar,” sebutnya.

Harapnya, keseluruhan aparatur dapat bekerja maksimal untuk pelaksanaan Pemilukada. Baik itu untuk pelaksanaan di Sumut maupun di daerah lain. Dan untuk Kabupaten Humbahas, agenda demokrasi itu diharapkannya berjalan dengan lancar.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015