Binjai, Sumut,  (Antara) - Sekretaris Daerah Kota Binjai, Sumatera Utara, menyampaikan minat membaca di kalangan pelajar masih rendah dan ini merupakan satu kelemahan dalam pembangunan intelektual para pelajar.

"Minat membaca pelajar di daerah ini masih rendah, perlu dorongan untuk memotivasi mereka," kata Sekretaris Daerah Kota Binjai Elyuzar Siregar, di Binjai, Jumat.

Penegasan itu disampaikannya di hadapan para pelajar, mewakili Wali Kota Binjai ketika menutup Pekan Minat Baca untuk tingkat TK, SD, SMP, SMA, yang dilaksanakan Kantor Perpustakaan dan Arsip setempat.

"Ini patut disayangkan karena tidak mungkin pembangunan di masa depan dapat lebih baik jika tidak didukung oleh generasi berkualitas dan memiliki ilmu pengetahuan," katanya.

Maka dari itu minat baca harus ditanamkan sejak dini sehingga menjadi hobi positif atau kegemaran di kalangan pelajar.

Elyuzar menjelaskan lagi untuk meningkatkan minat baca dibutuhkan peran keluarga. Sebab lingkungan keluarga mampu membentuk pondasi perilaku anak.
Jika ingin membentuk kebiasaan membaca sejak dini kepada anak haruslah dimulai dari lingkungan keluarga.

Kegiatan "Pekan Minat Baca" tingkat TK, SD, SLTP dan SLTA, dilaksanakan oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Binjai.
Pada kesempatan itu juga diserahkan hadiah untuk pemenang lomba bercerita tingkat SD, lomba mengarang tingkat SMP dan lomba pidato berbahasa Inggris tingkat SLTA.
Juga diserahkan bantuan buku perpustakaan untuk SD, SMP dan SMA, demi mengembangkan minat baca di kalangan pelajar yang ada.***4***

Nurul H
(T.KR-IFZ/B/N. Hayat/N. Hayat) 12-06-2015 19:59:13

Pewarta: Imam Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015