Seisuka, 24/4 (Antarasumut) - Menteri Pertanian Republik Indonesia (RI) Andi Amran Sulaiman berkunjung ke Desa Simodong Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batubara, Rabu ( 24/4 ).

Menteri dalam kunjungan tersebut bersama petani melakukuan penanaman padi secara perdana dan menyerahkan bantuan pertanian juga demonstrasi melakukuan pembuatan pupuk organik dan pengenalan variets kartika 82.

Pada kesempatan tersebut menten RI mengatakan, Sumut akan diharapkan menjadi bagian dari lumbung padi nasional.

Diketahui tahun 2014 produksi beras di sumut mencapai 3,6 ton dan tahun 2015 akan ditargetkan 4,6 juta ton, Presiden RI Joko Widodo telah menggarkan dana sebesar Rp 20 Triliun yang bersumber dari APBN-P tahun 2015.

Dana tersebut tidak dialokasikan untuk mendukung program swasembada pangan dan mudah-mudahan saja ditahun 2015 Indonesia tidak impor beras lagi.

Disebutkan ada lima hal yang menjadi erhatian pemerintah di sektor pertanian yaitu,perbaikan irigasi yang rusak, penyaluran benih yang bermasalah penyaluran pupuk dan alat mesin pertanian yang tidak memadai, selain itu, tenaga kerja yang kurang juga kurang nya tenaga penyuluh, oleh karena itu, pemerintah akan mencoba menyelesaikan nya satu persatu.

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015