Oleh Mansur Lubis

Panyabungan Sumut 2/5 (Antara) Bupati Madina Drs H Dahlan Hasan Nasution memberikan penghargaan kepada siswa Juara 1 Olimpiade IPA tingkat Sumut pada peringstan Hari Pendidikan Nasional 2015 di lapangan Kantor Bupati Lama Panyabungan, Sabtu.

Mendikbud dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Madina Drs H Dahlan Hasan Nasution mengatakan melalui Hardiknas Tahun 2015 pemerintah memberikan apresiasi kepada semua pihak, semua pelaku pendidikan dimanapun berada yang telah bekerja keras membangkitkan potensi peserta didik menjadi manusia berkarakter mulia.

“Pendidikan telah membukakan mata dan kesadaran membangun negeri dan bineka yang modern sebuah negara yang berakar pada adat, budaya  bangsa nusantara beralaskan gotong royong tetapi tetap mengedepankan dan menumbuhkan prinsip kesejajaran katanya.

Menurutnya Indonesia adalah wajah cerah katulistiwa namun kita semua harus sadar bahwa aset terbesar indonesia bukanlah tambang, minyak dan gas melainkan manusia Indnesia. Dan tanggung jawab yang besar adalah mengembangkan kualitas manusia Indonesia.

Menurutnya manusia yang terdidik tercerahkan adalah kunci kemajuan bangsa dan janganlah sesekali kita berpikir mengikuti jalan jalan berpikir kaumkolonial masa lalu.karena kaum kolopnial itu hanya fokus pada kekayaan alam saja tanpa peduli pada kualitas manusia katanya.

“Indonesia sudah 70 tahun merdeka sebab kemerdekaan itu bukan hanya menggulung kolonialisme melainkan untuk menggelar kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia kita harus fokus berkonsenterasi pada peningkatan dan pengembangan kualitas manusia.

"Wajah masa depan kita berada diruang-ruang kelas dan bukan berarti tanggung jawab membentuk masa depan berada dipundak pendidik namun secara konstitusional mendidik adalah tanggung jawab negara sesuai dengan tema Hardiknas Tahun 2015 “ Pendidikan dan kebudayaan sebagai gerakan pencerdasan dan penumbuhan generasi berkarakter pancasila.

Dia menambahkan pendidikan akan terwujud atas bekerja keras dan membuka lebar-lebar partisipasi Masyarakat untuk terlibat aktif dalam pendidikan karena pendidikan bukan hanya urusan kedinasam di Pemerintah melainkan urusan serta tanggung jawab bersama kata Bupati Madina.
Usai melaksankan upacara peringatan Hardiknas Bupati Madina menyerahkan beberapa Hadiah dan penghargaan salah satunya Suraidah Dalimunte siswa Slb Kab Madina sebagai Juara 1 Olimpiade Ipa Tingkat Provsu yang akan melanjutkan ketingkat Nasional Utusan Sumut pada 18 Mei mendatang di Yogyakarta.

Pewarta: Mansur Lubis

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015