Samosir, Sumut, 20/4 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar Malam Kesenian di arena Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) Medan pada Sabtu malam.

"Upaya ini untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya Batak untuk menarik minat pengunjung datang ke Pulau Samosir," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Ombang Siboro, Senin.

Selain pagelaran tortor, juga menampilkan hiburan rakyat menghadirkan group berprestasi asal Samosir dengan mengkolaborasikan kebudayaan dan musik moderen, sehinga menjadi daya tarik tersendiri.

Perkembangan teknologi dan terbukanya informasi memberikan nuansa baru terhadap keberadaan seni budaya peninggalan leluhur di kalangan pemuda, sehingga perlu disiasati secara bijak.

"Perlu kearifan lokal untuk mengembangkan seni budaya supaya tidak akan lekang tergilas perkembangan zaman, dengan tujuan diminati generasi muda," kata Ombang.

Ombang berharap, pementasan di PRSU dan di tempat-tempat lainnya mampu mendorong dan meningkatkan rasa mencintai dan memiliki budaya sendiri di kalangan masyarakat, khusunya generasi penerus bangsa. ***4***
(T.KR-WRS/C/Suparmono/Suparmono) 20-04-2015 13:51:58

Pewarta: Waristo

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015