Doloksanggul, Sumut, 18/3 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas) menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) daerah itu sebagai forum para pemangku kepentingan pembangunan, di Aula Hutamas, Rabu.

Menurut Wakil Bupati Humbahas Marganti Manullang, pelaksanaan program kegiatan harus lebih terintregrasi dan tepadu pada percepatan program yang diprioritaskan dalam bidang pembangunan ekonomi kerakyatan, pendidikan, kesehatan dan infrastruktur, termasuk aspirasi masyarakat melalui reses Anggota DPRD Humbahas.  Selanjutnya  diselaraskan dengan penataan ruang wilayah dan tersinkronisasi dengan program prioritas provinsi dan program prioritas nasional.

Dikatakannya, setiap tahapan Musrenbang akan memberikan kontribusi positif bagi penyempurnaan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan di Kabupaten Humbahas. Hal tersebut sebagai langkah penyusunan RKPD dan rencana kerja (renja) setiap tahunnya yang diawali dari tahapan Musrenbang tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi sampai Musrenbang Nasional.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Humbahas Marsono Simamora menyebutkan jika sistem perencanaan dan penganggaran nasional baik pada aspek proses maupun tahapan pelaksanaan pada Musrenbang daerah hingga pusat sebagai alat pemandu, pengarah dan alat kontrol beserta evaluasi terhadap keseluruhan program kegiatan yang direncanakan secara bertanggung jawab.

Kegiatan yang dihadiri Kepala Biro Hukum Provinsi Sumatera Utara H. Sulaiman, SH, MSi, dan beberapa Pimpinan SKPD Provsu diantaranya Kepala Dinas Tata Ruang dan pemukiman Dr. Ir. Binsar Situmorang, Kepala Dinas Pertanian Ir. M. Rom, juga menekankan supaya perealisasian visi misi pembangunan daerah itu terkoordinasi secara sistematis.

Disebutkan, program prioritas yang akan dihasilkan harus kembali diselaraskan sesuai dengan RPJP Nasional Daerah Tahun 2005-2025, serta mampu mengaktualisasikan kebutuhan ruang (spatial) dalam mewujudkan pola dan struktur ruang yang lebih baik.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015