Dairi, 3/3 (Antara) - Kelompok tani binaan Bank Indonesia (BI) di Desa Silalahi II Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi mengadakan panen raya bawang merah, Selasa.

Panen raya dihadiri Bupati Dairi diwakili Asisten Pembangunan Suasta Ginting S.Sos MAP dan Direktur Eksekutif Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Difi A Johansyah.

"Kegiatan ini sebagai salah satu upaya percepatan pertumbuhan sektor riil dan memperkuat keberpihakan pemerintah terhadap usaha mikro, kecil dan menengah melalui bantuan teknis seperti pelatihan, penyediaan informasi, penelitian dan pembentukan klaster di Kabupaten Dairi," kata bupati dalam sambutannya.

Pemkab Dairi juga berharap agar kegiatan dimaksud dapat menjawab permasalahan yang dihadapi petani bawang di Kecamatan Silahisabungan. “Untuk itu masyarakat Kecamatan Silahisabungan diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dan mengembangkannya, sehingga akan memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan perekonomian masyarakat di Kabupaten Dairi, terkhusus di kecamatan ini,” katanya lagi.

Direktur Eksekutif Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Difi A. Johansyah mengatakan tujuan kegiatan dimasud untuk meningkatkan produksi bawang di dalam negeri, terkhusus di Sumatera Utara yaitu Kecamatan Silahisabungan.

Menurut Johansyah, seorang petani harus mampu menjadi petani yang modern. “Selain menanam seorang petani juga harus mampu menjadi ahli, sehingga kemampuannya tersebut dapat diturunkan kepada orang lain,” katanya.

Demi mencapai peningkatan produksi bawang merah, pihaknya juga memberikan bantuan berupa bibit bawang merah yang unggul serta petani ahli yang didatangkan langsung dari Brebes Jawa Tengah agar petani yang di bina di Desa Silalahi II dapat mengerti dan mengetahui cara bertani bawang merah yang baik.

Turut hadir Perwakilan dari Bank Sumut, Camat Silahisabungan Edison Siringoringo, Delapan Raja Turpuk selaku Tokoh Masyarakat setempat, Ketua dan seluruh anggota kelompok tani bawang binaan Kecamatan silahisabungan.

Pewarta: Edy Pandiangan

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015