Doloksanggul, Sumut 25/2 (Antara) – Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa se-Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) sebagai mitra kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mendapatkan pembekalan untuk percepatan program Pemerintah.

“10 Program pokok PKK juga bagian dari kegiatan Pemerintah. Kepala Desa dan Ketua TP PKK Desa yang hadir pada kegiatan pembekalan ini supaya memahami dan mengaplikasikannya di Desa masing-masing,” tegas Bupati Humbahas Maddin Sihombing saat membuka agenda pembekalan di Pendopo Kompleks Perkantoran Bukit Inspirasi Doloksanggul, Rabu.

Dikatakannya, agenda pembekalan TP PKK Desa yang digelar adalah merupakan kegiatannya untuk memacu percepatan program Pemerintah serta kegiatan TP PKK mulai dari Perdesaan, Kecamatan dan Kabupaten.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman utuh kepada semua TP PKK Desa dan Kepala Desa agar mampu membuat percepatan perubahan aspek kehidupan masyarakat yang positif mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, perekonomian, pembangunan dan peningkatan SDM beserta sosial kemasyarakatan,” terangnya sebelum menyerahkan pelaksanaan pembekalan kepada Narasumber kegiatan yakni Ketua TP PKK Kabupaten, Kepala BPMD, Kabag Pemdes serta SKPD terkait lainnya.

Disebutkan, TP PKK Desa dibantu Aparat Desa akan menjadi motor penggerak dan ujung tombak di Desa untuk mengarahkan perubahan aspek kehidupan yang lebih baik. Hal tersebut, semata-mata untuk mensejahterakan keluarga. Dimana, semuanya harus dimulai dari dalam diri masing-masing, yang akan berkembang untuk koridor keluarga, serta selanjunya untuk lingkungan masyarakat.

Ketua TP PKK Kabupaten Humbang Hasundutan Ny. Anny Rosma Maddin Sihombing dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan 10 program pokok PKK diterapkan di semua tingkatan. Yang dimulai dari pusat sampai tingkat daerah hingga ke tingkat desa maupun kelurahan.

“Oleh karena itu kepada semua kader PKK desa yang mengikuti pelatihan dan pembekalan TP PKK Desa dan Kepala Desa untuk mempelajari program kegiatan yang telah terprogram pada Rakernas VII PKK Tahun 2010,” katanya.

Dalam mempercepat pemberdayaan di Desa, Anny Rosma mengharapkan agar Kepala Desa dan TP PKK Desa melalui gerakan PKK supaya membentuk kelompok PKK Dusun dan Kelompok Dasawisma yang ditetapkan dengan keputusan Kepala Desa. Termasuk juga, Kelompok Bina Keluarga Balita, Kelompok PAUD, Posyandu, Lansia dan Karang Taruna sebagai kelompok kerja yang mendukung kegiatan pemerintah di Perdesaan.

“Untuk itulah, kepada semua peserta diberi kesempatan untuk berkarya dan berperan dalam pemberdayaan dan mengupayakan peningkatan kesejateraan keluarga,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksanaan Pembekalan TP PKK Desa Ny. Nurmala P Sianturi dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan pembekalan itu diikuti oleh 48 Kepala Desa dan TP PKK Desa yang baru dilantik dan dikukuhkan pada bulan Desember tahun 2014 yang lalu, juga oleh peserta yang belum pernah mengikuti pembekalan.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015