Oleh Rinto Aritonang

Tapanuli Utara, Sumut  24/2 (Antara) – Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan berjanji akan segera melakukan pembenahan kawasan wisata alam Danau Toba Muara di Kecamatan Muara, Taput sebagai upaya pengembangan potensi pariwisata daerah itu.

“Pengembangan akan dilakukan secara bertahap mulai tahun 2015 ini. Itu sudah merupakan Grand Planning yang sudah ditetapkan. Seluruhnya akan dibenahi, baik itu soal Pelabuhan penyeberangan, infrastruktur jalan, termasuk juga pembenahan obyek wisata kuliner dan pantai,” tegas Bupati Taput Nikson Nababan, Selasa, di Tarutung.

Menurutnya, pengembangan pariwisata di Muara, khususnya dari segi infrastruktur akan mewujudkan target menjadikan daerah wisata tersebut sebagai kawasan pariwisata andalan. Karena itu Pemkab Taput saat ini telah menganggarkan sejumlah dana di APBD untuk pembenahan pariwisata di wilayah itu.

“Keberadaan pelabuhan yang layak akan menjadi pintu masuk utama ke kawasan Danau Toba setelah melalui Bandara Udara Silangit. Selain pembenahan fisik, kita juga akan melakukan pembenahan Sumber Daya Manusia dalam pengelolaan pariwisata yang nantinya ditargetkan sebagai pemasok perekonomian masyarakat di sekitar Danau Toba,” terangnya.

Menyoal pembenahan infrastruktur jalan Provinsi lingkar luar Danau Toba di wilayah tersebut yang banyak mengalami kerusakan total, kata Nikson, penanganannya sudah diusulkan untuk dikembalikan ke Taput.

“Kita juga pasti akan melakukan perawatan ekosistem. Sehingga sesuai dengan kebutuhan pariwisata internasional. Nantinya, ketika semuanya sudah dibenahi, saat wisatawan yang berkunjung menjejakkan kaki di Muara, setelah sebelumnya sudah melalui Bandara Silangit. Keberadaan sarana dan prasarana yang memadai akan menjadi sebuah nilai plus yang disematkan wisatawan untuk Tapanuli Utara,” tukasnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015