Tarutung, Sumut 20/2 (Antara) – Pemerintah  Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) berharap pemerintah segera menerbitkan instruksi presiden guna  mewujudkan pendirian Universitas Negeri (UN) di wilayah tersebut.

“ Secara jenjang dan tahapan, kita lebih dulu harus memulai dari pendirian sebuah Institut yang kemudian akan dilanjutkan dengan peningkatan status menjadi Universitas. Namun, harapan kita ada, yakni melalui Inpres untuk berdirinya satu universitas negeri berdiri di daerah ini,” terang Bupati Taput Nikson Nababan, Jumat, di Tarutung.

Menurut Nikson, pendirian Universitas tersebut akan menjadi faktor pemicu peningkatan multi sektoral lainnya di daerah tersebut. “Setelah UN berdiri, maka Kabupaten ini akan menjadi daerah berkembang. Sebab, sektor pertanian, pariwisata maupun sektor lainnya akan terdongkrak secara otomatis. Ini merupakan efek domino,” ujarnya.

Sebagai upaya mewujudkan hal tersebutlah, Nikson mengakui jika dirinya belakangan sering bolak balik ke Jakarta untuk menemui anggota DPR RI dan juga Kementrian Pendidikan agar usulan pendirian Universitas Negeri cepat terealisasi.

“Saya telah bertemu Utut Adianto anggota DPR RI yang membidangi masalah ini. Beliau sangat salut dan menyatakan bahwa mendirikan Universitas tersebut merupakan ide yang sangat brilian. Demikian halnya dengan tanggapan Menristekdikti, M Nasir yang juga memberikan dukungannya,” urainya.

Harapan Nikson, pemerintahan yang saat ini dipimpinnya bersama Mauliate Simorangkir mendapatkan dukungan dari semua elemen masyarakat. Sehingga, program pembangunan yang sedang dijalankannya segera terealisasi demi mewujukan Taput yang sejahtera.

“Kami tidak anti kritikan asal tujuannya untuk membangun, mari bantu kami bagaimana kedepan apa yang menjadi visi misi kami dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan,” tandasnya.

 

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015