Doloksanggul, Sumut 11/2 (Antara) – Penikmat kopi murni asal Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Reynol Hasibuan harus mengakui kenikmatan rasa kopi produk lokal dari Lintongnihuta, Kabupaten Humbanghasundutan (Humbahas).

“Meski saya putra Taput, saya tidak bisa bohong jika esensi kopi murni dari Lintong pantas untuk dibanggakan. Kopi produk lokal Humbahas, yang diolah oleh salah satu koperasi petani kopi dari Desa Nagasaribu, Kecamatan Lintongnihuta, Humbahas, merupakan produk yang pantas dinikmati,” akunya, Rabu, di Doloksanggul.

Menurut Reynol yang merupakan putra asli Kecamatan Pangaribuan itu, esensi kemurnian kopi Lintong yang merupakan produk koperasi petani yang dikenal dengan nama Koperasi Serba Usaha Petani Organik Mandiri Humbang (KSU POM Humbang) jauh melebihi rasa kopi yang selama ini dinikmatinya.

“Harapan saya nantinya ada pengukuhan makna soal tradisi minum kopi di daerah ini, umumnya untuk wilayah Tapanuli. Sehingga ada pengakuan akan kemurnian esensi kopi asli Lintong,” sebutnya.

Menurut staf pengajar di SMK Negeri 1 Lintongnihuta itu, kenikmatan rasa kopi hasil olahan putra putri Humbahas tersebut saat ini diketahuinya telah menjadi produk lokal berkualitas dunia yang telah dicicipi para pecinta dan penikmat kopi sejagad. “Sebuah pencapaian yang pantas,” pungkasnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015