Dairi, Sumut 2/2 (Antarasumut) - Bupati Dairi KRA Johnny Sitohang Adinegoro S.Sos melakukan kunjungan kerja dan menginap di rumah penduduk selama dua hari di Desa Sigambir-gambir, Kecamatan Siempat Nempu Hulu,

Dalam kunjungan kerja yang merupakan implementasi program "'Bekerja Untuk Rakyat" bupati didampingi oleh Wakil Bupati Irwansyah Pasi SH dan Sekdakab Sebastianus Tinambunan, serta beberapa pejabat lainnhya.

Selain Tim Pemkab, kunker tersebut juga dilakukan bersama Tim Polres Dairi dipimpin Kapolres AKBP Gidion Arif Setyawan SIk SH MHum dan Tim Kodim 0206/Dairi dipimpin Kasdim Mayor.Inf Hasanuddin SSos.

Berbagai pelayanan dilaksanakan di antaranya pembukaan dua ruas jalan usaha tani masing-masing dengan panjang 600 meter lebih.

Satu di antara ruas jalan yang baru dibuka, selain menjadi akses ke areal pertanian masyarakat, jalan tersebut juga akan menghubungkan Dusun Nanggar Boang Desa Sigambir-gambir, Kecamatan Siempatnempu Hulu dengan Dusun Huta Raja Desa Bukit Tinggi Kecamatan Pegagan Hilir.

Dengan pembukaan jalan tersebut, jarak tempuh Desa Bukit Tinggi dan desa sekitarnya di kecamatan Pegagan Hilir akan semakin dekat dan terpotong hingga puluhan kilometer dengan Sidikalang sebagai ibukota dan pusat perekonomian Kabupaten Dairi.

Bupati Dairi KRA Johnny Sitohang dan Kapolres AKBP Gidion Arif Setyawan kepada wartawan mengaku, salut dan bangga dengan kesadaran warga setempat yang merelakan tanahnya dengan lebar 8 meter untuk dijadikan jalan tanpa ganti rugi.

”Kita berharap pola pikir dan kesadaran warga Sigambir-gambir bisa diteladani masyarakat di daerah lain di kabupaten ini," sebut Kapolres dan Bupati mengapresiasi.

Kegiatan lain, gotong royong membuka dan mengolah lahan pertanian warga dengan mengerahkan traktor, menaman jagung di ladang warga, melakukan penyuluhan dan percontohan penanaman dan pengelolaan tanaman sayuran, dan vaksinasi ternak milik warga seperti rabies dan inseminasi.

Di bidang kesehatan dilakukan pelayanan pemeriksaan dan pengobatan termasuk kepada lansia, ibu hamil, balita serta pelayanan imunisasi, penyuluhan dan pelayanan KB dan bentuk layanan kesehatan lainnya.

Sementara, untuk pelayanan administrasi kependudukan, sebanyak 65 lembar kartu keluarga, 205 lembar akte kelahiran diproses dan diterbitkan saat itu juga. Untuk layanan KTP dilakukan perekaman sebanyak 28 buah dan penerbitan akte kependudukan lainnya.

Tim Polres Dairi melakukan sosialisasi Kamtibmas, pembekalan dan pelatihan Karang Taruna, termasuk sosialisasi sadar hukum dan tertib lalu lintas kepada siswa SMAN 1 Siempat Nempu Hulu.

Pelayanan juga dilakukan seperti sosialisasi berbagai produk hukum dan undang-undang termasuk undang-undang desa diikuti kepala desa dan perangkatnya se-Kecamatan Siempatnempu Hulu.

Bupati mengatakan, program kunker yang telah dimulai sejak 2009 silam telah cukup berhasil mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan, terutama mendongkrak tingkat kesejahteraan masyarakat, sehingga agenda tersebut akan tetap dilaksanakan.

Selain memberi berbagai pelayanan, malam harinya juga dilakukan temu ramah dan dialog antara warga dengan pemerintah. Seluruh tim bermalam dan menginap di rumah penduduk termasuk Bupati dan Kapolres.

Pewarta: Edy Pandiangan

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015