Medan, 31/1 (Antara) - Pihak University of the Thai Chamber of Commerce (UTCC), salah satu universitas ternama di Thailand, mengunjungi Universitas Negeri Medan, Sumatera Utara.

Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof Dr Ibnu Hajar MSi di Medan, Jumat, mengatakan kunjungan para tamu dari Universitas Thailand itu berlangsung Kamis (29/1).

Unimed, menurut dia, senang dikunjungi pihak universitas yang ada di dalam, maupun dari luar negeri untuk menjalin kerja sama secara efektif.

"Kami sangat bangga luar biasa, jika ada universitas luar negeri berkenan berkunjung dan menjalin kerja sama dengan Unimed," ujar Rektor.

Dia menyebutkan, Unimed dalam waktu lebih kurang empat tahun, berhasil menjalin kerja sama kelembagaan antaruniversitas ternama dari dalam dan luar negeri, serta lembaga pemerintahan.

Hal ini semua, karena hasil kerja keras Wakil Rektor IV Unimed dan tim. "Semoga kita terus meningkatkan kerja sama dengan semua pihak dan peningkatan kualitas proses akademik, dosen, pegawai serta mahasiswa," katanya.

Rektor mengatakan, pihaknya akan terus berupaya agar dapat menjalin kerja sama dengan berbagai pihak.

"Kunjungan akademik dari UTCC Thailand kita harapkan dapat membawa keberkahan bagi Unimed untuk terus maju menjadi universitas yang unggul sesuai visi dan misi," kata Ibnu.

Wakil Rektor IV Unimed Prof Dr Berlin Sibarani MPd mengatakan pihaknya akan terus menjalankan program PTN itu, yakni salah satunya adalah meningkatkan kerja sama dengan universitas ternama baik di dalam maupun luar negeri.

Menurut dia, tujuan kerja sama tersebut, untuk mendukung peningkatan sistem akademik dan kualitas SDM dosen maupun mahasiswa, seperti magang, pengiriman dosen dan mahasiswa dalam kegiatan akademik dan hal lainnya.

"Kami sangat inten menjalin kerja sama dengan semua kedutaan dan konjen luar negeri yang ada di Indonesia. Hal ini telah memudahkan kita dalam menjalankan program-program terkait proses kerja sama dengan pihak universitas luar negeri," kata Dr Berlin.

Wakil Rektor UTCC, Dr Thitikan Satchabut mengatakan tujuan dari kunjungan ini, yakni penjajakan kerja sama kelembagaan dalam peningkatan SDM dosen dan pertukaran mahasiswa.

"Selain itu juga dilakukan pertukaran budaya dari masing-masing kedua negara. Termasuk juga terkait pemahaman global budaya di ASEAN," kata Dr Thitikan.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015