Seirampah, Sumut,  (Antara) - Pemerintah Kabupaten Serdang bedagai (Sergai), Sumatera Utara, mendorong masyarakat untuk gemar mengonsumsi ikan, apalagi potensi perikanan daerah itu cukup besar.

         "Zat yang terkandung pada ikan sangat baik untuk kesehatan khususnya demi menghasilkan generasi yang cerdas dan cemerlang," kata Bupati Sergai Soekirman di Seirampah, Sabtu, saat membuka Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemar Ikan) dan Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Kabupaten yang dirangkai dengan peringatan Hari Nusantara Tahun 2014.

         Ia mengatakan, kemampuan mengolah makanan dari bahan baku ikan dengan tetap memperhatikan nilai gizi yang terkandung di dalamnya akan sangat berperan dalam meningkatkan perolehan gizi bagi anggota keluarga.

         Selain itu dibutuhkan kemampuan dan kreativitas dalam mengolah berbagai variasi jenis ikan dengan penyajian yang baik.

         Melalui kegiatan "Gemar Ikan" tersebut diharapkan terus meningkatkan minat dan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi berbagai jenis ikan.

         Serta perlombaan masak serba ikan dapat memacu semangat para anggota PKK kecamatan serta ibu-ibu lainnya di Sergai untuk berkreasi meningkatkan pengetahuan pengolahan ikan yang baik, benar dan menarik.

         Menurut dia, masyarakat di Sergai telah mencapai angka konsumsi ikan sebesar 33 kg/kapita/tahun dan angka ini sudah berada diatas konsumsi ikan nasional 31,64 kg/kapita/tahun, tetapi masih berada dibawah Negara Malaysia yang sudah mencapai 45 kg/kapita/tahun dan Jepang 80 kg/kapita/tahun.

         Potensi bahari yang dimiliki daerah "Tanah Bertuah Negeri Beradat" ini sangat menjanjikan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mengkonsumsi ikan yang dari tahun ke tahun semakin meningkat.

         Khususnya melalui program minapolitan yang telah berhasil meningkatkan produksi perikanan budidaya menjadi 12.144 ton/tahun disamping hasil perikanan tangkap sebanyak 22.692 ton/tahun.***3***

(T.KR-JRD/B/S. Muryono/S. Muryono) 20-12-2014 16:26:19

Pewarta: Juraidi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014