Sidikalang, 14/12 (Antara Sumut) - Petani jeruk di Kabupaten Dairi perlu membentuk asosiasi guna mensinergikan potensi dan koordinasi antarpetani yang bergerak dalam bidang pertanian tanaman jeruk, kata anggota DPRD Provinsi Sumut Leonard Surungan Samosir.

"Banyak manfaat yang bisa diperoleh para petani jeruk jika mereka bernaung dalam wadah organisasi atau asosiasi," kata legislator asal daerah pemilihan Sumut XI itu.

Apalagi selama ini, menurut dia, harga jeruk di tingkat petani kerap berfluktuasi yang berpotensi merugikan petani.

Sementara kinerja usaha pertanian tanaman jeruk di Dairi selama beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan pesat, meski adakalanya kegiatan produksinya mengalami kendala akibat serangan hama dan harga pupuk yang relatif tinggi.

"Jika petani bersatu dalam wadah asosiasi, berbagai kendala tersebut akan lebih mudah diatasi secara bersama untuk mencari solusi terbaik," ujar Leonard.

Dalam upaya meningkatkan pangsa pasar jeruk, ia berharap Pemkab Dairi perlu lebih pro aktif melakukan langkah terobosan, seperti mendatangkan importir, mempromosikan komoditi tersebut ke mancanegara dan mendorong berdirinya pendirian industri pengolahan jeruk. (TNA)

Pewarta: T. Nico Adrian

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014