Rapat untuk membahas aturan dan peraturan HKBP  itu akan berlangsung selama empat hari hingga Sabtu (18/10) mendatang.

Pembukaan Sinode Godang diawali prosesi dari depan kantor STGH menuju ruang auditorium yang dipimpin oleh pimpinan HKBP dan diikuti oleh 28 praeses, ketua rapat pendeta, Ketua Badan Peneliti dan Pengembangan HKBP. Disusul ibadah pembukaan yang dipimpin oleh Pdt Colan W Pakpahan MTh (Praeses HKBP Distrik VIII DKI-Jakarta Raya) sebagai pengkotbah dan upacara nasional.

Ephorus HKBP Pdt WTP Simarmata menyampaikan, Sinode Godang Amandemen AP HKBP ke-62 ini tidak saja hanya menunjukkan ketaatan kepada konstitusi atau ketaatan kepada aturan peraturan. Tetapi, untuk menunjukkan adanya ketaatan kepada Yesus Kristus.

”Karena dengan Sinode Godang Amandemen ini, kita yang dipanggil dan diutus untuk menjadi berkat bagi dunia ini. Juga berupaya untuk terus memperbaruhi segala aturan dan peraturan agar dapat mendamaikan dan memberdayakan manusia yang ada di dunia ini,” katanya.

Untuk itu, Ephorus HKBP meminta kepada peserta sinode untuk benar-benar memberikan perhatian, kesungguhan dan pikiran serta energi positif dalam rangka amandemen aturan dan peraturan HKBP tersebut.

”Dengan mengimani bahwa Tuhan bersama kita dalam seluruh rangkaian Sinode ini untuk menempuh jalan bersama, yaitu jalan kebenaran Tuhan. Dengan itu, HKBP akan semakin menjadi taat kepada Tuhan di tengah-tengah dunia ini,” ungkap Ephorus.

Sementara itu, mewakili pemerintah, Wakil Bupati Taput Mauliate Simorangkir menyampaikan, kehadiran pendeta menjadi khotbah yang hidup bagi masyarakat. Untuk itu, Pemkab Taput juga akan membantu atau mensubsidi kegiatan-kegiatan HKBP.

Sebelumnya, Sekjen HKBP Pdt Mori AP Sihombing MTh yang merupakan ketua umum pelaksanaan Sinode Godang dalam laporannya menyebutkan, jumlah peserta yang hadir sebanyak 1.421 dari sebanyak 1.445 orang peserta yang terdaftar.

Dalam kesempatan itu pimpinan HKBP memberikan cendramata kepada Pemkab Taput, Humbahas, Samosir, Simalungun, Walikota Medan, Darwin Siagian, Edwin P Situmorang, St HW Hutahaean, M Tampubolon (Palembang), Irjen Pol (Purn) Erwin Tobing, Yamaro Sitompul. (ril)

Pewarta: ril

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014