Panyabungan, 25/9 (antarasumut)- Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) menggelar sosialisasi kearsipan selama dua hari sejak 23 sampai 24 September 2014 di Aula Hotel Madina Sejahtera.

Pelaksanaan sosialisasi juga dihadiri oleh Plt.Bupati Madina diwakili Asisten II Drs.Syafii Lubis bersama perwakilan dari masing – masing setiap SKPD Pemkab Madina, Plt.Bupati Madina menyampaikan bahwasanya arsip merupakan aset negara yang sangat berharga juga salah satu warisan yang cukup tinggi nilainya.

“Bahkan arsip juga merupakan saksi bisu yang dapat memberikan keberhasilan, kesuksesan, kegagalan dan pertumbuhan suatu bangsa atau daerah juga perlu kita ketahui bersama bahwa arsip bukan hanya kertas, bahkan bisa berbentuk film, foto, serta pita suara, ungkap Asisten II Pemkab Madina.

Menurut dia, kesadaran masyarakat tentang pentingnya arsip masih sangat kurang, karena dinilai merupakan sebuah kertas yang tidak berguna. Bahkan sering diabaikan, padahal arsip dapat berfungsi sebagai alat bukti dan bahan pertanggung jawaban.

Maka dari itu Plt.Bupati Madina Drs.Dahlan Hasan Nasution agar seluruh instansi dapat menjaga arsip masing – masing. Mari diaplikasikan ilmu yang didapat terhadap pelestarian arsip di kantor masing – masing.

Sementara kepala kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab.Madina Arbiuddin Syahputra Harahap, SSTP, MM menyampaikan kegiatan sosialisasi dilakukan agar arsip SKPD mengetahui bagaimana dan apa sebenarnya data yang dapat diarsipkan. Dimana selaku narasumber dalam sosialisasi tersebut dari Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Daerah Provinsi Sumatera Utara Herly Selbi Simanjuntak, SE,M.Si dan Arsiparis Provinsi Sumatera Utara Sinondang Masniari, dalam kesempatan yang sama Herlu menyampaikan kearsipan sangat penting karena dapat menjadi bukti sejarah dan bukti hukum.

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014