Panyabungan,  (antarasumut)- Gunung Sorik Merapi di Mandailing Natal (Madina) berpotensi menjadi ikon wisata di daerah tersebut, bahkan  bisa jadi andalan menarik  kunjungan wisata Indonesia.

Gunung Sorik Merapi diketahui menyimpan  keindahn   dan kekayaan alam berupa keragaman hayati, baik flora maupun fauna yang luar biasa. Keindahan Gunung Sorik Marapi itu diketahui setelah Tympanum Novem Films salah satu media pemberdayaan social yang berbasis di Mandailing pekan lalu mengirimkan tim ekspedisi ke Gunung Sorik Marapi.

Tujuan tim ekspedisi ini bersama dengan naposo nauli bulung Desa Simaninggir, Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), untuk membuka tabir kawasan eksotis di Wilayah Lembah Sorik Marapi tersebut.

Gunung Sorik Marapi ini berada di ketinggian 2.142 meter dan cuaca di kisaran 16 derajat celcius. Daerah ini dapat dikunjungi dengan pendakian melalui Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi

Selain wisata sejarah, gunung Sorik Marapi. Selain wisata sejarah, gunung Sorik Marapi ini juga menjadi pusat kawasan Taman Nasional Batang Gadis (TNBG). Kawasan sekitar yang dilingkari hutan tropis. Menyimpan keragaman hayati, baik flora maupun fauna. Lumut tebal yang menempel pada batu dan batang tumbuhan, menandai keaslian hutan.

Dalam radius seratus meter persegi dari kawah gunung, bisa menyaksikan ratusan spesies tumbuhan langka. “Itu luar biasa. Bahkan beberapa spesies ada yang masih belum ditambahi keterangan dalam kamus Botani.

Kita berharap semua potensi ini bisa dipublikasikan, sehingga bisa ditandai sebagai ikon kunjungan wisata di Indonesia,” demikian diungkapkan Askolani, Chief Executive Organizer (CEO) Tympanum Novem kepada Wartawan di Panyabungan, baru-baru ini.

Kawasan yang menjadi pusat TNBG ini memang tampak sangat eksotis. Hutan tropis Mandailing diyakini sorga bagi berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Hutan ini juga menyimpan berbagai spesies langka semacam amfibi tak berkaki (Ichtyopis glutinosa) yang merupakan jenis satwa purba dan katak bertanduk tiga (megophyris nasuta), dan lain-lain.

Camat Puncak Sorik Marapi Mawardi Hasibuan yang dihubungi via telepon selulernya mengatakan bahwa potensi wisata Puncak Sorik Marapi di Kecamatan Puncak Sorik Marapi sangat bagus untuk dikembangkan.

“Memang potensi wisata di wilayah Puncak Sorik Marapi ini sangat bagus untuk dikembangkan menjadi salah satu wisata di Madina ini. Hal ini terbukti dengan pada hari libur banyak mahasiswa maupun pelajar yang mendaki ke Puncak Sorik Marapi tersebut, mengingat ikon wisata yang ada di daerah tersebut masih benar-benar asri”, sebut Camat.

Untuk mengembangkan potensi wisata puncak Sorik Marapi ini pemerintah harus membuat akses jalan menuju puncak. Mengingat sekarang ini apabila ada yang hendak masuk ke puncak gunung harus dipandu oleh masyarakat sekitar, karena tanda-tanda jalan tidak ada sampai sekarang ini.

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014