Labuhanbatu, Sumut, 31/10 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu bersama Perkumpulan Kontrasepsi Mantap Indonesia (PKMI) Sumatera Utara dan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional Sumut melaksanakan KB Metoda Operasi Wanita (MOW) gratis bagi ibu produktif.

"Kalau untuk daerah kita ditangani Tim Penggerak (TP) PKK kabupaten, Dinas Kesehatan, BP2KB, IBI dan RSUD Rantauprapat," kata Kabag Humas Pemkab Labuhanbatu Sugeng di Rantauprapat, Kamis malam.

Dijelaskannya, Ketua TP PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj Fitra Laila saat meninjau kegiatan itu mengutarakan, program tersebut dapat berkesinambungan sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan serta kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, menekan Angka Kematian dan Kesakitan IBU (AKI) serta Angka Kematian Bayi (AKB). "Ini satu metode KB sterilisasi pada wanita dengan tindakan pengikatan dan pemotongan saluran telur agar tidak dapat dibuahi sperma," jelasnya.

Pelaksanaan KB dengan jenis layanan Kontap Wanita atau MOW yang ditangani dr Jenius L Tobing dari PKMI Sumut bertujuan membatasi keturunan dalam jangka waktu tidak terbatas dilakukan terhadap salah seorang dari pasangan suami istri.

Kegiatan pelayanan kontap wanita itu, sambung Sugeng, merekrut peserta 46 orang dengan rincian dari Kecamatan Rantau Selatan tujuh orang, Rantau Utara 13 orang, Bilah Hulu tiga orang, Bilah Barat lima orang, Panai Hulu empat orang, Pangkatan sembilan orang, Bilah Hilir dua orang dan Kecamatan Panai Hilir tiga orang.

"Atas pelaksanaan ini, Ketua TP PKK Kabupaten Labuhanbatu berterima kasih dan merasa bangga dr Jenius L Tobing yang telah melaksanakan kerja sama dalam memberikan pelayanan MOW dengan baik dan sukses serta berjalan dengan lancar," papar Sugeng. ***3***
(T.KR-JKG/B/T. Susilo/T. Susilo)

Pewarta: Joko Gunawan

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014