Sergei, Sumut, 13/8 (Antara) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Serdang Bedagai (Sergei), Provinsi Sumatera Utara, tahun ini memberangkatkan sebanyak 136 calon haji asal daerah itu ke Tanah Suci.

"Mereka masing-masing 53 orang pria dan 83 wanita, yang tertua adalah Sawiyah Sartawi Markawi usia 88 tahun, sedangkan yang termuda Ahmad Basyiruddin Chairul Abidin dengan usia 26 tahun," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Sergei, David Saragih di Seirampah, Rabu.

Ia mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi kepada bupati beserta jajaran Pemkab Sergai lainnya, karena dari awal pendaftaran dan kepengurusan passport para calon haji semua ditanggulangi oleh pemerintah daerah.

"Terimakasih atas bantuan yang diberikan pemkab, sehingga para calon haji dimudahkan urusannya dalam pengurusan semua berkas," katanya.

Sebelumnya, Pemkab Sergai bersama dengan Kantor Kementerian Agama Sergai telah memberikan bimbingan manasik haji untuk lebih meningkatkan ilmu pengetahuan dan wawasan jamaah calon Haji dalam melaksanakan ibadah Haji 1435 H/2014 M.

Kegiatan manasik haji di Masjid Agung Jami' Seirampah tersebut, Bupati Soekirman mengimbau semua peserta dapat mengikuti semua tahapan dengan baik.

Karena kegiatan yang dilaksanakan itu dimaksudkan agar jamaah haji lebih siap dan mandiri dalam melaksakan ibadah haji sesuai dengan tuntunan agama sehingga diperoleh haji yang mabrur.

"Manasik haji ini sangat penting agar setiap calon haji lebih memahami ilmu tentang haji sehingga kelak dapat mempraktikkan ibadah haji secara benar, serta menggunakan waktu semata- mata untuk beribadah karena tidak semua orang dapat memperoleh kesempatan seperti ini," katanya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengajak semua peserta agar bersikap dan perilaku yang terpuji serta menjaga nama baik daerah, bangsa dan negara selama di Tanah Suci.

"Tunjukkanlah bahwa kita bisa menjadi teladan di mata internasional. Diharapkan agar seluruh calon haji asal Sergai tetap menjaga kekompakan, semoga kelak menjadi haji dan hajjah yang mabrur serta selamat kembali ke daerah," katanya.***3***

(T.KR-JRD/B/Farochah/Farochah) 13-08-2014 11:00:56

Pewarta: Juraidi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014