Medan, 13/6 (Antara) - Rencana pengoperasian bus trans Medan dinilai efektif mengatasi kemacetan lalu lintas di kawasan Medan, Binjai dan Deli Serdang (Mebidang).

"Dua daerah kota dan satu kabupaten yang selama ini sering mengalami kemacetan, dan sulit diatasi, tanpa mengerahkan angkutan bus massal tersebut," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumut, Anthony Siahaan di Medan, Jumat.

Pengoperasian bus tersebut yang untuh tahap awl sebanyak 30 unit, menurut dia, untuk kepentingan masyarakat banyak yang selama ini menggunakan jasa angkutan di jalan raya.

Dia menyebutkan, masuknya puluhan unit bus transportasi untuk tiga daerah bertetangga tersebut, hanya untuk keperluan mengatasi terjadinya kemacetan.

Dikatakan Anthony, kemacetan di sejumlah titik jalan raya di Medan sekarang ini akibat semakin bertambahnya volume kendaraan bermotor, baik mobil pribadi maupun sepeda motor.

Karena itu, Pemerintah Provinsi Sumut berusaha mengatasi kemacetan yang selama ini terjadi dengan mengoperasikan bus angkutan masal tersebut.

"Pemerintah DKI Jakarta berhasil mengatasi kemacetan dengan menyediakan bus Trans Jakarta," ucap orang pertama di Dishub Sumut.

Anthony menambahkan, Kota Medan yang berpenduduk 2,4 juta jiwa dan sebagai kota metropolitan terbesar ketiga di Indonesia, sudah sewajarnya memiliki angkutan bus massal yang cukup bagus. (M034)

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014