Parlilitan, 29/5 (Antara) - Program Karya Bhakti TNI-AD berhasil merampungkan pembukaan jalan sepanjang empat kilometer dengan lebar delapan meter di Desa Baringin Natam Kecamatan Parlilitan Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), guna mengatasi keterisoliran warga setempat dengan desa sekitarnya.

"Pembukaan jalan tersebut untuk mengatasi kesulitan warga atas keberadaan fasilitas sarana perhubungan darat yang merupakan program lintas sektoral meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Komandan Kodim (Dandim) 0210/TU Letkol Inf. Viktor Tampubolon di Parlilitan, Kamis.

Menurut dia ketersediaan akses jalan yang baru dibangun dalam wilayah tersebut akan mempermudah jalur transportasi yang dengan sendirinya menggerakkan roda perekonomian masyarakat secara otomatis.

Karya bhakti TNI-AD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan unsur TNI, Polri, pemerintah daerah dan masyarakat. Pelaksanaannya di desa tersebut selama dua puluh hari, sejak 8 Mei dan ditutup secara resmi pada 28 Mei 2014.

Program itu dilaksanakan sebagai upaya membantu percepatan pembangunan di daerah yang menjadi prioritas pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Selain itu, kata Viktor, mereka juga berhasil merampungkan pembuatan empat unit gorong-gorong flat, serta kegiatan non fisik berupa penyuluhan Kesehatan, penyuluhan Wawasan Kebangsaan dan Peyuluhan Narkoba.

Dikatakannya, dengan hasil yang dicapai pada pelaksanaan Karya Bhakti TNI T.A. 2014 ini dapat mempererat dan mengkokohkan kembali hubungan TNI-Rakyat sehingga tercipta kemanunggalan TNI bersama Rakyat.

"Melalui program ini pembangunan diharapkan dapat dirasakan langsung oleh elemen masyarakat khususnya di pedesaan dan pelosok-pelosok di wilayah Humbang Hasundutan (Humbahas)," sebutnya.

Sebagai tanda ungkapan terima kasih masyarakat Desa Baringin Natam, mereka memberikan cendramata berupa ulos kepada Dandim 0210/TU Letkol Inf Victor Tampubolon.

Wakil Bupati Humbahas, Marganti Manullang menyampaikan apresiasi kepada jajaran Kodim 0210/TU dan Masyarakat atas keiklasan kerjasama dalam melaksanakan kegiatan yang dapat mempercepat peningkatan ekonomi masyarakat di pedesaan.

Dulu, kata marganti, masyarakat yang mayoritas berprofesi sebagai petani di desa itu sangat malas ke ladang karena tidak ada akses jalan.

Tapi dengan dibukanya jalan desa itu, kata dia, maka petani akan bersemangat dan tidak malas lagi.
"Dibukanya jalan desa Baringin Natam akan meningkatkan perekonomian masyarakat, sehingga diminta kesadaran untuk merawat fasilitas negara tersebut." kata Marganti. (KR-HIN)

Pewarta: H. Imran Napitupulu

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014