Oleh Joko Gunawan



Rantauprapat, 20/5 (Antara Sumut) - Wakil Bupati (Wabup) Labuhan Batu Suhari Pane memimpin upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang digabung dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2014 di Lapangan Ikabina Rantauprapat, Selasa.

Peringatan yang diikuti sejumlah PNS dan pelajar tersebut bertema Maknai Kebangkitan Nasional Melalui Kerja Nyata Dalam Suasana Keharmonisan dan Kemajemukan Bangsa.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Tifatul Sembiring dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wabup Labuhan Batu Suhari Pane, menyebutkan, jika dihitung dari awal kebangkitan nasional tahun 1908 silam, maka bangsa ini sudah lebih dari seratus tahun berproses dalam kesadaran untuk menjadi bangsa yang berdaulat.

Bahkan, lanjutnya, menjadi bangsa yang memiliki identitas dan jati diri ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Dalam rangka tetap menjaga semangat dan nilai-nilai kebangsaan yang telah dirintis oleh para pendahulu, kita tidak boleh lengah, tapi justru harus semakin waspada dan cerdas dalam menhadapi berbagai perubahan dan kemajuan yang berproses secara terus menerus," ujar dia.

Menurutnya, semua bangsa pada dasarnya menginginkan sebuah keharmonisan dalam perilaku kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Menkominfo juga mengingatkan bahwa nasionalisme terbangun bukan dari perilaku saling menuding, bukan saling menyalahkan dan bahkan bukan untuk saling menyingkirkan.

"Kekuatan kebangsaan tersemai dalam kohesivitas yang harmonis dari kekuatan dan energi potensi yang dimiliki," katanya.

Komitmen untuk berbagi dan bersinerji dalam rangka mewujudkan cita-cita nasional itulah, menurut dia, menjadi ukuran tentang sejauh mana karsa, cipta dan karya yang sudah diberikan untuk membangun keharmonisan perilaku dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang amanah.

Puncak peringatan Hardiknas dan Harkitnas tingkat Kabupaten Labuhan Batu tahun 2014 tersebut juga disemarakkan atraksi drumb band PAUD Marhamah Padang Bulan, peletakan karangan bunga dan ziarah di Taman Makam Pahlawan Rantauprapat.  (JG)

Editor: T. Nico Adrian

Pewarta: Joko Gunawan

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014