Oleh Evalisa Siregar

Medan, 3/4 (Antara) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengusulkan 87 proyek mulai infrastruktur hingga koperasi dan UMKM daerah itu pada 2015, dibangun dari dana tanggung jawab sosial atau CSR perusahaan sehingga dinilai perlu ada Forum CSR tersebut.

"Pemprov Sumut mengajak perusahaan BUMN, BUMD, swasta membentuk Forum Corporate Social Responsibility atau CSR untuk memaksimalkan program pembangunan di daerah itu yang semakin diperlukan untuk mencapai visi misi Masyarakat Sumut Sejahtera," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumut, Riadil Akhir Lubis di Medan, Kamis.

Ia mengatakan itu pada Desk BUMN, BUMD dan dunia usaha dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Sumut 2014 yang dimulai April. Seperti diketahui sumber pembiayaan pembangunan antara lain diharapkan Pemerintah dari CSR.

Sebaliknya perusahaan BUMD, BUMN dan swasta memiliki tanggung jawab sosial. Mengacu pada masih masing-masingnya perusahaan menjalankan CSR itu, maka Pemprov Sumut mengharapkan adanya Forum CSR yang diharapkan bisa mensikronkan program di tengah masyarakat sehingga akhirnya nilai bantuan itu menjadi semakin maksimal.

"Forum bisa menghasilkan kesepakatan untuk menyesuaikan prioritas pembangunan yang dibuat Pemerintah dan rencana kerja tahunan perusahaan," katanya.

Pemerintah Provinsi Sumut sendiri sudah membuat program pembangunan untuk 2015 dengan dana CSR sehingga masing-masing perusahaan bisa ikut andil di berbagai sektor.

Di bidang infrastruktur, pengembangan wilayah dan lingkungan hidup misalnya, untuk 2015 ada 26 proyek disusul sosial budaya sebanyak 16 proyek, dan bisang peternakan dan koperasi/UMKM masing-masing tiga proyek.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumtut Hj Sutias Handayani Gatot Pujonugroho menyebutkan, forum CSR khususnya untuk kesejahteraan sosial dinilai akan sangat mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Di beberapa provinsi seperti Yogyakarta Forum CSR dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial sudah dijalankan dan tampak membuakan hasil positif.

Ia menyebutkan, untuk Sumut misalnya Forum CSR bidang kesejahteraan bisa mewujudkan keinginan Pemprov Sumut membangun satu sekolah pendidikan anak usia dini (PAUD) di setiap desa.***2*** (T.E016/B/S. Suryatie/S. Suryatie) 03-04-2014 19:23:17

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014