Batu Bara, 22/10 (Antarasumut) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batu Bara terus berupaya mengoptimalkan kinerja program pemberdayaan masyarakat desa/kelurahan dengan memperkuat peranan berbagai lembaga yang terdekat dengan masyarakat.

"'Pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa/kelurahan adalah salah satu bagian dari pembangunan daerah," kata Bupati Batu Bara, OK. Arya Zulkarnain di Lima Puluh, Selasa.

Menurut dia, dalam upaya pemberdayaan masyarakat diperlukan suatu metode yang tepat melalui kerja sama dengan lembaga yang ada, seperti BPD, LPM, PKK, Karang Taruna dan lembaga desa lainnya.

Sedangkan, penyelenggaraan pemerintahan desa maupun kelurahan merupakan subsistem dari sistem penyelenggaraan pemerintahan secara nasional, sehingga keberhasilan penyelenggaraan turut ditentukan oleh efektifitas terselenggaranya pemerintahan desa/kelurahan.

Disebutkannya, penyelenggaraan pemerintahan desa diatur melalui Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa.

Kabupaten Batu Bara terdiri dari tujuh kecamatan, 141 desa dan 10 kelurahan.

Untuk mendukung program nasional tersebut, kata Arya, pembangunan harus berdasarkan data desa/kelurahan.

Dengan demikian, gambaran umum dan karakteristik dapat dilihat secara online, baik data potensi maupun perkembangannya.

Ia menambahkan, progra percepatan pengentasan kemiskinan di pedesaan telah dilaksanakan sejak tahun 2008 melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP).

Melalui PNPM-MP di Batu Bara telah berhasil dibangun sejumlah sarana/prasarana dan membentuk kelompok usaha simpan pinjam khusus perempuan dengan memakai metode partisipasi masyarakat.

Khusus dalam upaya pemanfaatan teknologi tepat guna, di daerah itu telah pula dibentuk pos pelayanan teknologi disetiap kecamatan.

"Lembaga ini tempat bertemunya para inovator diharapkan fungsi dan peranan lembaga ini dapat ditingkatkan, baik dalam perencanaan maupun musrenbang desa, pemanfaatan dan penerapan teknologi yang sedang berkembang dengan pesat saat ini," ujarnya. (AS).

Pewarta: Ahmad Suhaimi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013