Tanjungbalai, 1/10 (antarasumut)- Pempropsu mendukung sepenuhnya Politeknik Tanjungbalai (Poltan) menjadi Politeknik Negeri di Sumut, kerena Pemprovsu menginginkan bertambahnya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Sumut, khususnya di kawasan Pantai Timur.

Hal itu dikatakan Wakil Gubenur Sumatera Utara (Wagubsu) H.Tengku Erry Nuradi dalam kunjungan kerjanya ke Poltan di Kelurahan Sei Raja, Kec.Sei Tualang Raso, Tanjungbalai. Selasa.

“Keinginan Pemkot Tanjungbalai agar Poltan dijadikan Negeri dinilai realistis, sejalan dengan keinginan Pemprovu untuk mencerdaskan masyarakat di kawasan pantai timur”, ujarnya.

Menurut dia, di Sumut hanya ada 4 Perguruan Tinggi Negeri (PTN), kondisi ini masih kalah dengan Aceh, keberadaan PTN masih sangat dibutuhkan untuk memenuhi keinginan Pemrovsu meningkatkan kualitas SDM yang mampu bersaing.

Keinginan Pemvropsu menambah PTN telah disampaikan kepada Mendiknas, namun secara administrasi untuk menjadikan perguruan tinggi swasta menjadi negeri merupakan kewenangan Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti).

“Apabila syarat dan ketentuan telah dipenuhi, Pemprovsu yakin Politeknik Tanjungbalai akan di Negerikan. Jika telah menjadi Negeri, tentu akan menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Tanjungbalai dan Pemprov”, kata Tengku Erry.

Sebelumnya Wali Kota H.Thamrin Munthe berharap agar Pemprovsu mendukung menjadi mediator agar Dikti mengubah status Poltan menjadi Negeri. Dikatakan, Tanjungbalai sebagai daerah hinterland Kab. Asahan, Simalungun dan Labuhan Batu, letak geografisnya berada di perairan Selat Malaka.

“Apabila Poltan jadi Negeri, Tanjungbalai tidak hanya menjadi daerah transit, tapi akan menjadi kota strategis, dinamis dan tumpuan bagi anak-anak daerah hinterland untuk menuntut ilmu”, ujar Thamrin Munthe.

Atas nama masyarakat, Ketua DPRD H.Romay Noor menyatakan keberadaan Politeknik Negeri adalah impian pemimpin terdahulu (Sutrisno Hadi) dan menjadi keinginan seluruh masyarakat Tanjungbalai.

“Atas dukungan Pemprovsu, diharapkan impian dan keinginan tersebut disahuti Dirjen pendidikan tinggi di Jakarta”, katanya. (yan)

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013