Medan, 5/9 (Antara) - Pemerintah Kota Medan terus membenahi berbagai sektor terutama kebersihan dan kelestarian lingkungan dalam upaya mempertahankan Piala Adipura serta mendapatkan Piala Adipura Kencana 2014.

Pelaksana tugas Wali Kota Medan Dzulmi Eldin di Medan, Kamis, mengatakan pihaknya terus memotivasi para pemangku kepentingan di jajaran pemerintah kota terutama para camat dan lurah untuk menjadikan kebersihan sebagai gerakan masyarakat.

Gerakan tersebut juga diharapkan bukan hanya program pemerintah, tetapi melibatkan semua pihak untuk meraih Piala Adipura Kencana.

Ia mengatakan pada 2012 dan 2013 Kota Medan sukses meraih penghargaan Adipura, dan hal tersebut diharapkan dapat mendorong seluruh elemen untuk menjadikan Medan sebagai kota yang aman, nyaman, indah dan proaktif sebagaimana yang menjadikan filosofi Adipura.

Ia menyadari untuk mewujudkan semua itu tentu membutuhkan kerja lebih keras dan tidak dapat dilakukan secara sektoral atau parsial.

"Dibutuhkan partisipasi yang tinggi dan simultan dari seluruh pemangku kepentingan dalam memfasilitasi masyarakat untuk melakukan pembenahan dan penyempurnaan menyeluruh melalui aktivitas nyata seperti gotong royong untuk meningkatkan kebersihan," katanya.

Pada tataran kebijakan kota, lanjut dia, saat ini Kota Medan telah memiliki rencana induk Kota Hijau, yang merupakan panduan rinci untuk memanfaatkan secara lebih efektif sumber daya air dan energi, serta mengurangi limbah.

"Yang juga penting ada 'road map' menuju ketersediaan ruang terbuka hijau sebesar 30 persen," katanya.

Menurut dia, Kota Medan juga dinilai mampu mengendalikan pencemaran udara dan konsumsi energi lebih baik, sementara di sektor pengelolaan sampah juga telah memiliki paraturan daerah tentang retribusi pelayanan kebersihan yang bertujuan meningkatkan kualitas lingkungan dan pengelolaan sampah.

Ia berharap para pemangku kepentingan apat mengambil manfaat dalam kebersihan di lingkungan masing masing, karena tujuan utamanya adalah menjadikan Kota Medan bersih, nyaman, dan aman, sehingga dapat meraih Piala Adipura Kencana 2014.

"Saya mengimbau masyarakat agar pro aktif dan mendukung apa yang dilakukan Pemko Medan dalam menjaga dan melestarikan kebersihan lingkungan," katanya.***4***

(T.KR-JRD/B/E.K. Sinoel/E.K. Sinoel)

Pewarta: Juraidi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013