Medan, 22/6 (Antara) - Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Medan, Yuji Hamada mengatakan judo yang merupakan olahraga bela diri asal Jepang kini telah mendunia, sama halnya seperti pencak silat, taekwondo dan wushu.

"Termasuk juga di Indonesia, minat generasi mudanya cukup tinggi untuk belajar judo," katanya pada pembukaan kejuaraan judo internasional di Medan, Sabtu.

Ia mengatakan Indonesia merupakan salah satu negara terbesar di dunia yang masyarakatnya cukup mencintai olahraga bela diri.

Hal ini tidak terlepas dari jumlah penduduknya yang cukup banyak dan untuk itu pihaknya sangat menyambut baik digelarnya even judo internasional memperebutkan Piala Wali Kota Medan ini.

Melalui even ini diharapkan dapat terjadinya pertukaran budaya, apalagi dalam acara pembukaan diisi dengan penampilan seni dan budaya dari beberapa daerah di Indonesia, termasuk Jepang.

"Di samping itu even ini juga mempertandingkan kelas untuk anak-anak. Ini sangat bagus sekali, sebab olahraga judo ini telah dikenalkan sejak dini. Semoga akan lahir judoka-judoka tangguh dan berprestasi dari Kota Medan," katanya.

Melihat tingginya animo warga Indonesia, khususnya Kota Medan terhadap olahraga bela diri, termasuk judo, kata Hamada, membuat pemerintah Jepang telah banyak memberikan bantuan melalui Japan Foundation (JICA) seperti matras dan baju judo serta mengirimkan judoka-judoka berprestasio untuk belajar judo ke Jepang.

"Dengan bantuan yang diberikan itu, judo semakin berkembang di Indonesia, khususnya Kota Medan," katanya.***4***

(T.KR-JRD/B/M. Yusuf/M. Yusuf) 22-06-2013 21:41:25

Pewarta: Juraidi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013