Medan, 25/5 (antarasumut) - Sejumlah pengunjung pameran Pekan Informasi Nasional (PIN) 2013 terlihat antusias memanfaatkan fasilitas dan layanan Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) yang dioperasikan di Lapangan Merdeka Medan.

"Sejak pagi hingga malam hari warga datang silih berganti menggunakan internet dengan memanfaatkan fasilitas MPLIK," kata Umar, operator MPLIK dari PT Wira Eka Bakti (WEB), di Medan, Sabtu (25/5).

Para pengguna fasilitas MPLIK di arena PIN 2013, lanjutnya, didominasi kalangan pelajar, mahasiswa dan pekerja.

Umar menambahkan, di arena pameran PIN 2013 dioperasikan sebanyak tujuh unit MPLIK dari Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan Dinas Kominfo Kota Medan.

Tujuh unit MPLIk itu senantiasa siap melayani pengunjung PIN 2013 yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Medan sejak 24 Mei hingga 28 Mei.

Selama ini, kata Umar, tujuh unit MPLIK bantuan Kementerian Kominfo tersebut sejak tahun 2011 dioperasikan ke sejumlah kelurahan dan desa.

Disebutkannya, PT Wira Eka Bakti (WEB) merupakan perusahaan penanggung jawab operasional MPLIK di seluruh Indonesia.

Pengoperasian MPLIK dimaksudkan untuk mendorong masyarakat yang berada di pelosok pedesaan agar melek terhadap informasi dan teknologi.

Pengoperasian MPLIK juga merupakan bagian dari sosialisasi dan publikasi Program Kewajiban Pelayanan Umum atau Universal Service Obligation (KPU/USO) di Sumut.(TNA)

Pewarta: T. Nico Adrian

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013