Medan, 3/4 (Antara) - Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho mengatakan, perlunya pengelolaan dan pelayanan informasi demi mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

"Pemprov Sumut mengharapkan dengan bimbingan teknis (Bimtek) yang dilaksanakan Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo akan menghasilkan SDM yang baik," kata gubernur disampaikan Sekretaris Dinas Kominfo Sumut HM Ayub pada pembukaan Bimtek dan Sertifikasi Budaya Dokumentasi bagi Aparatur Pemerintah Daerah di Medan, Rabu.

Gubernur mengatakan, kalau dilihat berapalah kemampuan pemerintah provinsi dalam mengimplemantasikan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

Begitu juga, mengenai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 35 tahun 2010 yang menegaskan pengelolaan pelayanan informasi dan dokumentasi di lingkungan Kemendagri dan Pemerintahan Daerah ditetapkan sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

"Namun, masih ditemukan kesenjangan antara tuntutan dan kemampuan SDM yang memiliki kompetensi dalam pengelolaan informasi dan dokumentasi," ucapnya.

Gubernur mengatakan, seiring bergulirnya reformasi dalam negara, dan juga tuntutan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) yg mensyaratkan perlunya akuntabilitas, transparansi, dan partisipasi masyarakat dalam setiap proses terjadinya kebijakan publik.

Informasi sudah merupakan hak mutlak sebagai kebutuhan pokok bagi setiap orang dalam rangka pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta merupakan hak asasi manusia untuk memperoleh informasi.

"Dengan Bimtek tersebut, para peserta diharapkan benar-benar memahami materi yang disampaikan narasumber, sehingga dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas informasi dan publikasi kepada masyarakat dapat lebih baik," kata Gubernur.

Panitia penyelenggara yang juga Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Literasi dan Profesi Kementerian Kominfo Prof. Dr Gati Gayatri, MA mengatakan, pelaksanaan Bimtek tersebut dimulai tanggal 2 sampai 6 April 2013, dan jumlah peserta sebanyak 65 orang dari kabupaten dan kota se-Sumatera Utara.

Hadir pada acara tersebut, Kepala Badan Litbang Sumber Daya Manusia (SDM) Kemenkominfo Aizirman Djusan yang membuka acara bimtek tersebut, pejabat pengelola informasi dan dokumentasi provinsi maupun kabupaten/kota se-Sumatera Utara.***4*** (T.M034/C/Suparmono/Suparmono) 03-04-2013 20:51:43

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013