Provinsi Sumatera Utara kembali mengirim  perwakilan dalam ajang Puteri Anak dan Remaja Indonesia, serta Putri Batik Cilik dan Remaja Indonesia 2024, tingkat nasional di Jakarta pada 1-5 Nopember mendatang.

"Ajang tahun ini kita mengirim sebanyak 15 anak dan remaja agar mampu bersaing ditingkat nasional," kata  Regional Director Puteri Anak & Remaja Indonesia Sumut, serta Putri Batik Cilik & Remaja Indonesia Sumut 2024, Rita Susanti Sinaga di Medan, Senin. 

Disebutkan, 15 anak dan remaja yang terpilih sudah melewati tahap eliminasi di tingkat provinsi, dan siap bertanding dengan kontingen dari daerah lain, dimana nantinya mereka akan mengangkat isu ekonomi kreatif dan budaya Sumatera Utara. 


Untuk 15 perwakilan ini, kategori Puteri Anak Sumut, runner up 1 dan ada runner up 2, jumlahnya 3. Lalu, Puteri Remaja 3 orang, Puteri Batik Remaja 3 orang, Puteri Batik Cilik 6 orang, tambahnya.  

Lebih lanjut, kata Santi, para perwakilan untuk kategori Puteri Remaja dan Anak akan fokus mempromosikan pariwisata dan budaya, sedangkan Puteri Batik untuk mengenalkan batik sesuai daerah asal mereka. 

Harapannya Puteri Remaja dan Anak, serta Puteri Batik bisa mengenalkan budaya-budaya serta ekonomi kreatif yang berasal dari Sumatera Utara di kancah nasional. 

Farah Alia Az Zahra Ritonga(11), perwakilan Puteri Anak Indonesia Sumut 2024, mengatakan dirinya sudah siap menjadi perwakilan Sumatera Utara di kancah nasional. 

“Persiapan sudah matang, saya sudah mempelajari semua syarat yang diajukan panitia, nantinya saya akan menampilkan tarian Sigale-gale dan bermain alat musik Taganing,” ujarnya. 

Senada dengan Farah, Atiqa Aqila perwakilan Sumut untuk menjadi Putri Batik Cilik 2024 juga sudah siap mempromosikan batik yang akan dikenakannya saat pertandingan. 

“Persiapan sudah 100 persen, saya juga sudah mempelajari soal batik yang akan saya kenakan, mulai dari filosofi serta sejarahnya, yang pasti sudah siap memberikan yang terbaik untuk Sumut,” ujarnya.
 
Diketahui, sebanyak 41 perwakilan akan bersaing dalam ajang Puteri Anak, 40 peserta untuk kategori Puteri Remaja dari seluruh Indonesia, lalu 32 peserta untuk kategori puteri batik cilik dan 26 peserta kategori puteri batik remaja. 

 

Berikut 15 Peserta, Kontingen Sumut yang Akan Bersaing di Tingkat Nasional:
1. Farah Alia Az Zahra Ritonga (Puteri Anak Indonesia Sumut 2024)
2. Nessa Mallory Batubara (Puteri Anak Indonesia Pariwisata Sumut 2024)
3. Amrumi Zalikha Daulay (Puteri Anak Indonesia Lingkungan Sumut 2024)
4. Redina Pathi Signaan (Puteri Remaja Indonesia Sumut 2024)
5. Kiranti Wisley (Puteri Remaja Indonesia Pariwisata Sumut 2024)
6. Mutiara Carissa Sagala (Puteri Remaja Indonesia Lingkungan Sumut 2024)
7. Atiqa Aqilla Zhafira (Puteri Batik Cilik Indonesia Sumut 2024)
8. Zievanna Virgo Tjoeng ( Runner Up 1 Puteri Batik Cilik Indonesia Sumut 2024) 
9. Shinta Angelina Tarigan (Runner Up 2 Puteri Batik Cilik Indonesia Sumut 2024)
10. Gloria Evelin Aritonang (Puteri Anak Indonesia Budaya Sumut 2024) 
11. Fitri Nabilah Harahap ( Puteri Anak Indonesia Pendidikan Sumut 2024)
12. Siti Fadhillah Rizki Ramadani (Puteri Anak Indonesia Berbakat Sumut 2024)
13. Ummi Kalsum (Puteri Batik Remaja Indonesia Sumut 2024)
14. Shelvy Amry Tambunan (Runner Up I Puteri Batik Remaja Indonesia Sumut 2024)
15. Mulda Roito Turnip (Runner Up 2 Puteri Batik Remaja Indonesia Sumut 2014)

Pewarta: Dina Purnama

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024