Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Samosir mengeluarkan 'aturan main' keputusan sejumlah aturan dan tata terbit yang harus dipatuhi dan diikuti oleh kedua pasangan calon (paslon) bupati/wakil bupati beserta pendukung yang hadir pada debat perdana Pilkada Samosir 2024 yang akan diselenggarakan di LePolonia Hotel, Medan, Sabtu ini (26/10).

Ketua KPU Samosir Vincentius Sitinjak mengatakan aturan dan tata tertib debat terbuka calon bupati dan wakil bupati ini agar bisa menjadi perhatian serius bagi paslon maupun pendukung.

"Tata tertib ini untuk menjaga kondusifitas jalannya acara debat pasangan calon. Ada enam poin aturan main yang kita sampaikan melalui surat kepada paslon dan LO agar dipatuhi," ucapnya, Kamis (24/10).

Adapun isi dari keenam poin tata tertib tersebut, dipaparkan Vincentius yakni pertama paslon bupati/wakil bupati hadir satu jam sebelum acara debat kandidat dimulai pada pukul 19:00 WIB, kemudian untuk LO (liaison officer) ataupun tim penghubung hadir dua jam sebelum acara dimulai. 

Lebih lanjut jumlah pendukung paslon yang diperbolehkan memasuki ruangan pelaksanaan debat publik adalah sebanyak 50 orang.

Selanjutnya, selama kegiatan berlangsung pendukung paslon harus menjaga kekondusifan acara sampai selesai. Tidak ada provokasi antar masing-masing pendukung paslon.

Kemudian, selama acara debat peserta dilarang membawa atribut kampanye paslon, meneriakkan yel-yel/slogan paslon, membuat kegaduhan dan melakukan intimidasi dalam bentuk ucapan maupun tindakan kepada kandidat paslon lain.

"Yang bisa mengenakan atribut/logo partai itu hanya untuk pimpinan parpol pengusung dan pendukung pasangan calon bupati/wakil bupati," sebutnya.

Diharapkan melalui tata tertib tersebut, masyarakat bisa mendengarkan semua visi misi dari kedua paslon. Terlebih kepada para penonton yang menyaksikan acara debat melalui siaran langsung media sosial dan stasiun televisi tidak terganggu.

"Jika sampai benar-benar mengganggu jalannya debat, akan diusir keluar dari lokasi acara. Mari saling menjaga kekondusifan selama acara nanti," ujar Vincentius mengakhiri.

Pewarta: Eben Ezer Pakpahan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024