Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tarutung Kanwil Kemenkumham Sumut melaksanakan upacara sebagai wujud kesadaran berbangsa dan bernegara bagi seluruh warga binaan pemasyarakatan dan tahanan sebagai salah satu bentuk pembinaan dan melatih WBP.
 
"Upacara bendera ini merupakan program pembinaan kesadaran berbangsa dan bernegara yang dilaksanakan secara rutin bagi WBP dan tahanan, sebulan sekali pada hari Senin pukul 08.00 WIB di lapangan Rutan," ujar Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, James Bond Naibaho, Senin (14/10).

Disebutkan, dengan proaktif mengikuti program-program pembinaan di Rutan Tarutung seperti upacara bendera, maka hak-hak WBP dapat terpenuhi seperti remisi, asimilasi dan integrasi.

James juga menjelaskan begitu pentingnya nilai-nilai kesadaran berbangsa dan bernegara bagi seluruh warga negara Indonesia dalam rangka mempertahankan bahkan meningkatkan kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, salah satunya dengan melaksanakan upacara bendera ini secara rutin sehingga dapat memupuk jiwa nasionalisme, semangat dan rasa cinta terhadap tanah air.

"Isilah waktu kalian selama di Rutan Tarutung ini dengan hal-hal yang baik dan tingkatkan ibadah kalian agar hati kalian tenang serta keimanan kalian bertambah sehingga mampu menjalani masa pidana kalian dengan baik," tukasnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024