Kepolisian Resor (Polres) Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara (Sumut), meningkatkan patroli gabungan pada malam hari guna menciptakan kondisi aman pada tahapan pemilihan kepada daerah (Pilkada) di Kota Medan.

"Petugas gabungan yang berjumlah ratusan itu terdiri dari Satuan Brimob dan Direktorat Samapta dan polres," ujar Kepala Polres Pelabuhan Belawan AKBP Janton Silaban di Medan, Minggu.

Janton mengatakan patroli ini dilakukan untuk memastikan situasi keamanan yang kondusif di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan menjelang pelaksanaan Pilkada 2024.

"Patroli gabungan ini kegiatan rutin yang ditingkatkan yang di laksanakan sejak dua bulan terakhir. Fokus utama untuk menekan angka kejahatan jalanan seperti begal, geng motor, dan tawuran yang kerap meresahkan masyarakat," kata Janton.

Ia mengatakan pihaknya akan terus meningkatkan patroli malam untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif dalam Pilkada 2024.

Menurut dia, dengan sinergitas personel dari berbagai satuan, termasuk Brimob dan Direktorat Samapta Polda Sumut diharapkan dapat menekan angka kejahatan jalanan dan menjaga ketertiban dan keamanan.

"Patroli gabungan ini dilakukan di lokasi-lokasi yang dianggap rawan kejahatan, dan berlangsung hingga situasi di lapangan benar-benar aman," ujarnya.

Dia mengatakan kegiatan patroli ini juga sebagai bentuk antisipasi dan pencegahan terhadap gangguan keamanan yang dapat mengganggu kelancaran Pilkada 2024.

Di sisi lain, dalam pengamanan maksimal di Kota Medan, kata dia, Brimob Polda Sumut juga melaksanakan patroli malam di beberapa titik strategis seperti Jalan SM Raja, Pasar Simpang Limun, Persimpangan Kantor Samsat Medan Selatan, fly over, Jalan Pertahanan dan lainnya.

Kepala Urusan Subbag Binlatops Sat Brimob Polda Sumut Iptu Ngadirun mengatakan pihaknya terus berupaya untuk terus meningkatkan kehadiran polisi di tengah masyarakat, terutama di daerah-daerah yang dianggap rawan.

"Dengan patroli gabungan ini, diharapkan dapat meminimalisir potensi gangguan keamanan dan memastikan masyarakat merasa terlindungi," kata dia.


 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024