PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Medan melakukan docking KM Kelud sebagai perawatan untuk persiapan pelayanan pada Tahun Baru 2025.

"Docking KM Kelud dilakukan di Jakarta, yang direncanakan selesai satu bulan ke depan," ujar Kepala Cabang Pelni Medan Romadhoni di Medan, Kamis.

Romadhoni mengatakan perawatan kapal tersebut merupakan agenda tahunan untuk mempersiapkan tahun baru, supaya tampil prima dalam pelayaran.

Lebih lanjut, Setiap kapal Pelni, termasuk KM Kelud, memang rutin melaksanakan docking demi menjaga kondisi fisik. Semua itu agar keselamatan penumpang terjamin.

Bulan September-Oktober sengaja dipilih menjadi masa perawatan KM Kelud karena saat itu perjalanan laut dalam masa low season.

Pelni Medan pun terus menyosialisasikan docking KM Kelud kepada calon penumpangnya melalui berbagai media sosial milik mereka.

"Para calon penumpang tidak perlu khawatir, karena masih ada kapal yakni KM Dorolonda untuk keberangkatan dari Pelabuhan Belawan, Medan pada 21 Oktober ini," kata Romadhoni.

Di sisi lain, ia mengatakan, saat ini calon penumpang yang membayar melalui aplikasi tidak harus melakukan cetak tiket, karena sudah tertera boarding pass.

"Kami terus meningkatkan informasi ini kepada masyarakat, mengingat pembelian melalui digitalisasi itu sudah 60 sampai 70 dalam pembelian tiket," kata Romadhoni.

Pelni Cabang Medan terus melalukan pelayanan yang le ih baik untuk menambah peningkatan jumlah penumpang setiap tahunnya.

Terbukti, pihaknya tercatat jumlah penumpang yang naik dari Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara mencapai 119.000 orang dari Januari-September 2024.

Jumlah ini lebih tinggi dari periode tahun sebelumnya. Untuk periode Januari sampai September 2023, ada 101.744 orang penumpang yang naik dari Pelabuhan Belawan, Medan.

Sementara, selama tahun 2022 hanya ada 92.537 penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Belawan.


 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024