Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, Sumatera Utara mengagendakan menggelar tiga kali pelaksanaan debat publik pasangan calon wali kota dan wakil wali kota pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ketua KPU Medan, Mutia Atiqah di Medan, Rabu, mengatakan, pihaknya telah memutuskan akan menggelar debat publik sebanyak tiga kali, sehingga dengan demikian masyarakat akan lebih mengenal visi dan misi masing-masing pasangan calon peserta Pilkada 2024.

Sesuai dengan yang direncanakan, debat pertama akan dilaksanakan pada 9 November 2024, debat kedua 16 November 2024 dan debat ketiga pada 22 November 2024 mendatang.

"Soal jadwal sudah ditetapkan. Yakni, debat I tanggal 9 November 2024, debat II tanggal 16 November 2024 dan debat III tanggal 22 November 2024," katanya didampingi Divisi Teknis Penyelenggaraan Muhammad Taufiqurahman Munthe.

Disinggung, soal format debat yang meliput tema debat, lokasi dan moderator, Mutia menyebut pihaknya masih merumuskan yang saat ini masih digodok oleh tim perumus.

Saat ini tim perumus masih bekerja untuk menentukan apa tema di debat pertama hingga debat ketiga. 

Sementara durasi debat sesuai juknis total 150 menit. Tapi nanti ada pembagiannya, termasuk sesi pertanyaan.

"Termasuk soal lokasi. Karena pastinya kan para paslon akan bawa pendukung jadi kita masih cari lokasi yang cocok buat dijadikan lokasi debat," katanya.

Pilkada 2024 di Kota Medan diikuti tiga pasangan calon yaitu nomor urut 1 Rico Tri Putra Bayu Waas dan H. Zakiyuddin Harahap yang PKB, Gerindra, Golkar, NasDem, PAN, Demokrat, PSI dan Perindo

Nomor urut 2 Ridha Dharmajaya dan Abdul Rani yang didukung oleh PDI Perjuangan, Partai Buruh, Gelora Indonesia, PKN, Hanura, PBB, PPP dan Partai Ummat.

Terakhir nomor urut 3 pasangan Hidayatullah dan Yasyir Ridho Loebies yang diusung PKS.


 

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024