Kampung Pengawasan diharapkan menjadi poros dalam pengawasan partisipatif di setiap kelurahan/desa yang ada di Labuhanbatu Utara. Pembentukan kampung tersebut merupakan bagian dari program pengawasan.

Demikian dikatakan Pjs Bupati Labura Mulyono dalam sambutan yang dibacakan Camat Marbau Mhd Ali pada launching Kampung Pengawasan owlh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut di Dusun IX Sukamaju Desa Marbau Selatan Kecamatan Marbau, Selasa (8/10).

Karena itu, ia berharap Kampung Pengawasan itu menjadi pedoman atau referensi dalam meningkatkan partisipasi pemilih untuk memberikan hak suaranya pada pelaksanaan pemilihan bupati/wakil bupati serentak pada 27 Nopember mendatang.

Ketua Bawaslu Sumut diwakili Joko Arief Susilo pada acara itu menyarakan, Kampung Pengawasan tersebut merupakan salah satu program unggulan yang dilakukan lembaga itu untuk meningkatkan partisipasi pemilih, khususnya pemilih pemula supaya mau memberikan hak pilihnya.

Lebih lanjut diterangkannya, Bawaslu Sumut memiliki tiga program unggulan dalam rangka pengawasan partisipatif yakni Kampung Pengawasan, Bawaslu Goes To Campus/School dan Konsolidasi Pengawas Partisipatif. 

Hal itu menurutnya dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota yang ada di Sumut. "Ini di laksanakan di seluruh 
Kabupaten/kita di Sumut," terangnya pada kegiatan yang juga dihadiri komisioner Bawaslu Sumut Suhadi Sukendar Situmorang.

Joko pada kesempatan itu juga mengajak masyarakat untuk menghindari money politik, menolak isu sara dan berita hoax. Karena hal tersebut dapat merusak penegakan proses demokrasi yang akan dilaksanakan.

Sedangkan Ketua Bawaslu Labura Maruli Sitorus dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kehadiran Bawaslu Sumut di tanah Basimpul Kuat Babontuk Elok tersebut. 

Hal senada juga disampaikannya untuk Forum Kordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) yang hadir serta masyarakat luas yang turut mendukung kegiatan yang dilaksanakan Bawaslu tersebut. 

Kegiatan itu juga dihadiri komisioner Bawaslu Labura Juskanri Sihaloho dan Supriadi, Ketua KPU Labura Adi Susanto dan rekannya James Ambarita, Camat Na IX-X, Camat Aekkuo, Kades Marbau Selatan, Panwascam serta undangan dan masyarakat umum.

 

Pewarta: Sukardi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024