Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun menggelar pergerakan masyarakat dalam upaya promosi kesehatan jiwa dan napza bagi remaja, Selasa (8/10), di Hotel Niagara, Parapat, Kabupaten Simalungun. 

Kepala BNN Kabupaten Simalungun AKBP Suhana Sinaga SKom MSi, sebagai narasumber, memaparkan tentang narkoba, jenis dan bahaya yang ditimbulkan. 

Pemaparan ini supaya masyarakat umum, khususnya kaum remaja mengenali, mengetahui dan tujuan akhir bisa menghindari diri dari pemakaian narkoba. 

Karena peredaran gelap narkoba katanya, sudah merata di seluruh kota/kabupaten bahkan sampai ke pelosok desa. 

AKBP Suhana menyebut, cara menghindari narkoba, dengan meningkatkan iman dan taqwa, ikuti kegiatan yang positif, cari pergaulan yang benar, fokus pada cita cita harus berani menolak. 

Dalam kesempatan ini, AKBP Suhana mengimbau orang tua untuk memperhatikan perilaku anak. 

Disebutkan, bila anak-anak malas, termasuk malas mandi dan sering melupakan tanggung jawab maupun tugas-tugas rutin, tidak peduli dan jauh dari keluarga. 

Kondisi itu menunjukkan ciri-ciri orang mengkonsumsi narkoba, dan sebaiknya segera berkonsultasi dengan penyelenggara kesehatan atau BNN untuk penanganan dan perawatan kesembuhan dari narkoba. 

Kegiatan ini diikuti pelajar tingkat sekolah menengah pertama dan menengah atas serta tenaga medis puskesmas. 

 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024