Komisi Pemilihan Umum Kota Medan, Sumatera Utara, memastikan tiga bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota pada Pilkada 2024 telah melengkapi dan menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi.

"Sudah, tiga bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Medan telah melaporkan harta kekayaannya kepada KPK. Hal ini wajib karena menjadi syarat pencalonan," ujar Ketua KPU Kota Medan Mutia Atiqah di Medan, Senin.

Mutia mengatakan tiga bakal pasangan calon yang sudah menyerahkan LHKPN adalah pasangan Rico Waas-Zakiyuddin Harahap, Prof. Ridha Dharmajaya-Abdul Rani, dan Hidayatullah-Ahmad Yasyir Ridho Lubis.

"Pelaporan tersebut diwajibkan sebagai syarat penetapan sebagai peserta Pilkada Kota Medan 2024. Kami hanya menerima bukti telah lapor LHKPN itu," katanya.

Anggota KPU Kota Medan Divisi Teknis Penyelenggaraan Muhammad Taufiqurahman Munthe mengatakan lembaganya sudah melakukan tahapan verifikasi berkas administrasi syarat pendaftaran tiga bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota, di antaranya syarat harus menyampaikan laporan tentang LHKPN ke KPK.

Selain melengkapi LHKPN, tiga bakal pasangan calon sudah memperbaiki berkas administrasi pendaftaran sebagai peserta Pilkada 2024.

Ia menyampaikan setelah tahapan kelengkapan persyaratan itu, selanjutnya memasuki tahapan penerimaan masukan dan tanggapan masyarakat terhadap bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota mulai 15–18 September 2024.

Setelah tahapan itu, KPU Kota Medan akan menyelenggarakan rapat pleno penetapan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota pada 22 September, dan pengundian nomor urut peserta pilkada pada 23 September 2024.

Sebanyak tiga bakal pasangan calon mendaftar ikut Pilkada Kota Medan 2024, yakni pasangan Rico Waas-Zakiyuddin Harahap dengan dukungan koalisi Partai Gerindra, NasDem, Golkar, PSI, Demokrat, PAN, PKB, dan Perindo.

Selanjutnya, pasangan Prof. Ridha Dharmajaya-Abdul Rani yang mendapatkan dukungan dari PDI Perjuangan, Hanura, PPP, Partai Ummat, Gelora, Partai Buruh, PKN, dan PBB.

Serta pasangan Hidayatullah-Ahmad Yasyir Ridho Lubis yang didukung Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Pewarta: Juraidi

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024