Perhelatan sembilan kali job fair (bursa kerja) mini oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Medan, Sumatera Utara, telah menempatkan  2.177 tenaga kerja.
 
"Dari jumlah itu, sebanyak 1.193 orang ditempatkan di dalam negeri dan 984 orang di luar negeri," ucap Kepala Disnaker Kota Medan Illyan Chandra Simbolon, di Medan, Rabu.
 
Total 2.177 tenaga kerja tersebut terjaring dalam bursa kerja mini yang dilaksanakan di sembilan kantor kecamatan di Kota Medan selama 2023.
 
Tiga job fair mini telah dilaksanakan pada tahun ini, kata Ilyan, juga telah menempatkan sebanyak 644 tenaga kerja di dalam negeri.
 
Data Badan Pusat Statistik Kota Medan menyebutkan tingkat pengangguran terbuka di Kota Medan pada 2023 tercatat 8,67 persen berkurang 0,22 persen dari tahun sebelumnya tercatat 8,89 persen.
 
"Job fair ini merupakan salah satu upaya kita mengurangi angka pengangguran," ungkap dia.
 
Dirinya mengatakan penyelenggaraan job fair mini sengaja memilih tempat di masing-masing kantor kecamatan agar lebih mendekatkan antara pemberi maupun pencari kerja.
 
"Biasanya kami buat job fair sekali setahun. Namun, kami berinovasi mengadakan job fair skala mini di masing-masing kantor kecamatan, tujuannya agar masyarakat lebih mudah menjangkaunya," kata dia.
 
Sedangkan upaya lain yang dilakukan guna mengurangi pengangguran, katanya, dengan mengadakan kegiatan pelatihan bagi pencari kerja di Kota Medan.
 
Selain itu, pihaknya juga melaksanakan kegiatan penyuluhan, dan bimbingan jabatan bagi pencari kerja di wilayah ibu kota Provinsi Sumatera Utara.
 
"Kita juga membangun Job Portal SiDuta (Sistem Inovasi Terpadu Ketenagakerjaan) yang dapat menginformasikan tentang lowongan kerja, magang dan pelatihan," ucap dia.
 
Selain itu, pelayanan pembuatan kartu pencari kerja dan pengaduan perselisihan hubungan industrial," papar llyan.*

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024