Kepolisian Daerah Sumatera Utara mengatakan pengamanan balap sepeda MTB dengan nomor Cross Country Olympic (XCO) putra dan putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 di Taman Hutan Raya (Tahura) Kabupaten Karo berjalan dengan aman dan lancar.

"Dalam pengamanan balap sepeda ini, melibatkan sebanyak 28 personel dari kepolisian," kata Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP Sonny Wilfrid Siregar di Medan, Jumat.

Sonny menjelaskan, pengamanan lomba balap sepeda MTB tersebut dibantu dengan delapan anggota TNI, 28 empat petugas Dishub setempat, dan enam anggota Satpol PP yang tergabung ke dalam Satuan Tugas (Satgas) Harimau Sumatera (Hatra) Toba 2024.

Pengamanan mencakup arena, pemeriksaan akses yang cermat, dan pengaturan lalu lintas yang efektif di kawasan sekitar.

"Penempatan personel di titik-titik strategis serta koordinasi intensif dengan berbagai pihak terkait bertujuan menjaga agar seluruh rangkaian acara berlangsung sukses dan aman," kata Sonny.

Dia menambahkan, langkah pengamanan serta pengawalan seluruh kegiatan PON XXI dapat berjalan dengan lancar dan aman.

"Para penonton dan peserta Cross Country Olympic putra dan putri dapat menikmati acara tanpa adanya kendala," kata Sonny.

Secara keseluruhan pengamanan PON XXI di Sumut, Polda Sumut melibatkan sebanyak 4.970 personel gabungan untuk mengamankan ajang nasional tersebut. Personel gabungan dibantu penuh dari TNI, dari pemerintah daerah yang berkaitan langsung dengan kegiatan pengamanan ini.

Sebelumnya, Wakil Kepala Polda Sumut Brigjen Pol Rony Samtana mengatakan, pengamanan itu untuk memastikan kesiapan penyelenggaraan, kenyamanan penyelenggaraan, dan kesan yang baik yang akan didapatkan oleh masyarakat, peserta, dan pengunjung yang ikut ataupun menyaksikan keseluruhan rangkaian penyelenggaraan PON.

Pada sisi lain, dia mengimbau kepada masyarakat Sumut bahwa nantinya ada rekayasa lalu lintas harap maklum, dan dapat dimengerti karena itu semua bagian dari upaya untuk memberikan kenyamanan dan keamanan dalam penyelenggaraan PON tersebut.

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024