Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, menggelar Festival Kuliner Medan 2024 dalam menyambut kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut di Kota Medan.
 
"Ajang ini akan berlangsung di Lapangan Benteng pada 10-14 September 2024," ujar Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Medan Agus Suriyono, di Medan, Rabu.
 
Festival kuliner ini, lanjut dia, akan diisi sebanyak 140 tenan dengan beragam sajian aneka makanan dan jajanan khas Kota Medan.
 
Kegiatan ini guna mengembangkan wisata kuliner dan menumbuhkan perekonomian, khususnya pelaku usaha mikro, kecil dan menengah UMKM di ibu kota Provinsi Sumatera Utara.
 
"Ini merupakan agenda tahunan Pemkot Medan, namun tahun ini digelar bersamaan dengan pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut 2024," katanya.
 
Pihaknya meminta penyelenggara mempersiapkan Festival Kuliner Medan 2024 dengan baik agar menarik minat wisatawan, khususnya tamu-tamu PON XXI di Kota Medan.
 
Pelaksanaan PON XXI 2024 Aceh-Sumut dibuka pada 8 September 2024 di Aceh oleh Presiden Joko Widodo dan ditutup pada 20 September 2024 di Sumut oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.
 
Dilansir laman Kementerian Pemuda dan Olahraga pelaksanaan PON di Aceh mempertandingkan 33 cabang olahraga, 42 disiplin cabang olahraga, 510 nomor pertandingan, serta diperkirakan akan diikuti oleh 5.636 atlet dan 2.752 ofisial.
 
Sementara pelaksanaan PON di Sumatera Utara mempertandingkan sebanyak 34 cabang olahraga, 46 disiplin cabang olahraga, 602 nomor pertandingan, serta diperkirakan akan diikuti oleh 6.281 atlet dan 3.140 ofisial.
 
"Tentu festival kuliner ini, kita manfaatkan untuk memperkenalkan kuliner khas Kota Medan kepada mereka. Jadi kita harus benar -benar mempersiapkannya," kata Agus Suriyono.
 
Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan Ferry Ichsan mengungkapkan festival ini sebagai sarana untuk mempromosikan pariwisata kota Medan.
 
Sekaligus, tutur dia, mengembangkan wisata kuliner yang berdampak juga terhadap peningkatan perekonomian terutama pelaku UMKM di Kota Medan.
 
"Festival Kuliner Medan 2024 ini diikuti 140 tenan dengan beraneka ragam makanan. Ajang ini berlangsung pada 10 sampai 14 September mulai pukul 11.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB," jelas Ferry.
 
 
 
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024