Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Medan, Sumatera Utara, menyatakan tiga perusahaan di daerah itu menyediakan 205 lowongan pekerjaan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Medan.
 
"Ada 205 lowongan dengan 13 jabatan ini juga terbuka bagi para pencari kerja di luar Medan," ucap Kepala Disnaker Kota Medan Illyan Chandra Simbolon, di Medan, Rabu.
 
Dalam job fair atau bursa kerja mini yang digelar dengan mengambil tempat di MPP Medan ini, lanjut dia, akan dilaksanakan secara rutin dua pekan sekali setiap Rabu.
 
Selain menggelar bursa kerja, pihaknya juga mempunyai aplikasi SiDuta (Sistem Inovasi Terpadu Ketenagakerjaan) yang bisa mempertemukan pencari dan penyedia pekerjaan.
 
"Jadi job fair ini menjadi perluasan akses dan informasi lowongan kerja, sehingga mempermudah pencari kerja mendapat akses untuk bisa bekerja," ungkapnya.
 
Pihaknya berharap banyaknya kegiatan seperti ini diadakan, maka akan semakin mengurangi angka pengangguran di ibu kota Provinsi Sumatera Utara.
 
Data Badan Pusat Statistik Kota Medan menyebut, tingkat pengangguran terbuka di Kota Medan pada 2023 tercatat 8,67 persen dari tahun lalu yang tercatat 8,89 persen.
 
"Bagi pencari kerja silakan memanfaatkan job fair mini di MPP Medan ini," ungkap Illyan.
 
Agnes Matondang, warga Medan Polonia mengatakan dirinya mendapat informasi pelaksanaan job fair mini ini dari aplikasi SiDuta dan akun medsos Disnaker.
 
Pihaknya mengaku masih mencari informasi dan jabatan yang disediakan guna mengirimkan berkas lamaran secara dalam jaringan (daring).
 
"Bursa kerja ini sangat bermanfaat bagi anak muda pencari kerja. Karena itu, saya harapkan Disnaker Kota Medan secara rutin menggelar kegiatan-kegiatan seperti ini," tuturnya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024