Pengumuman nama-nama tim PKM yang akan melaju untuk bertanding ke PIMNAS telah diumumkan Balai Pengembangan Talenta Indonesia Kemendikbudristek pada 30 Agustus 2024.

Berdasarkan pengumuman tersebut 8 tim PKM Universitas Negeri Medan  berhasil lulus untuk bertanding di PIMNAS ke 37 Tahun 2024 yang akan berlangsung di Universitas Airlangga pada tanggal 14-19 Oktober 2024.

Rektor Unimed Prof. Baharuddin mendengar kabar tersebut merasa bangga yang menyebutkan  hal itu merupakan suatu kebahagian bagi sivitas setelah kemenangan tim Unimed di IMT-GT sekarang kami mendapat kabar keberhasilan tim PKM Unimed yang berhasil menuju PIMNAS.

Seperti yang kita ketahui PIMNAS ini merupakan ajang bergengsi nasional dimana disini akan bertanding seluruh karya-karya inovasi mahasiswa seluruh indonesia karena itulah kenapa kami pimpinan merasa bangga atas prestasi yang diraih mahasiswa, karena sangat tidak mudah untuk tembus ke PIMNAS.

" Keberhasilan Tim PKM ini mencerminkan kualitas dan semangat mahasiswa UNIMED dalam menghasilkan karya-karya yang inovatif. Kami pimpinan dan seluruh civitas akademika percaya bahwa mereka akan memberikan yang terbaik di PIMNAS 37,” ujar Rektor.

“Bagi adik-adik mahasiswa yang tim PKMnya belum berhasil tembus ke PIMNAS jangan sedih jadikan ini sebagai motivasi bagi kalian untuk memberikan yang terbaik lagi di PKM tahun depan, dan bagi tim yang lolos segera persiapkan segala sesuatu yang diperlukan agar dapat memberikan hasil yang terbaik dan memperoleh prestasi disana,” pungkas Rektor Prof. Baharuddin.

Senada dengan Rektor, Wakil Rektor III Prof. Marice menyampaikan ungkapan selamat kepada tim yang berhasil lolos ke PIMNAS.

"Kami sangat bangga dengan prestasi Tim PKM ini dimana mereka telah berkomitmen untuk membawa nama baik universitas di ajang PIMNAS. Adik-adik mahasiswa ini akan bersaing dengan tim-tim terbaik dari seluruh Indonesia, di mana kemampuan mereka akan diuji lebih lanjut dalam mempresentasikan penelitian yang telah mereka buat.

" Semoga 8 Tim PKM UNIMED dapat mencapai prestasi yang diinginkan di PIMNAS. Kami pimpinan dan seluruh civitas akademika UNIMED berharap yang terbaik untuk Tim yang berangkat ke PIMNAS,” ungkap Wakil Rektor bidang kemahasiswaan tersebut.

Adapun 8 tim yang berhasil lolos seleksi mewakili Unimed untuk bersaing di PIMNAS ke-37 Tahun 2024 yakni Tim PKM K dengan judul Crabvil: (Dry Crab Food) Pakan kepiting Kaya Nutrisi dan Protein yang diketuai Ulfa Khairiyah dibimbing oleh Dr. Ir. Batumahadi Siregar, M.T.

Tim PKM RE dengan judul Nanofertilizer Silika Fluoresens dari Geomaterial Sinabung termodifikasi Amina untuk Peningkatan Laju Fotosintesis yang diketuai Fransiskus Hottua Malau yang dibimbing Dr. Lisnawaty Simatupang.

Tim PKM RSH dengan judul Ancestral Heritage: Mengungkap Local Knowledge Sihali Aek Masyarakat Batak Toba Dalam Pembangunan Desa Mandiri Energi Berbasis Lingkungan di Kecamatan Baktiraja diketuai Donfordtigo Manalu dibimbing oleh Zanrison Naibaho.

Tim PKM RSH dengan judul  Bedik Sungai: Keberlanjutan Etnozoologi Sungai dalam Analisis Ekologi Budaya dan Spasial untuk Ketahanan Pangan dan Kuliner Melayu di Kabupaten Asahan diketuai oleh Lia Chairani dibimbing Dedi Andriansyah, S.Pd, M.Si.

Lubuk Larangan: Analisis Pendekatan Kultural dan Spasial Bermuatan Kesadaran Budaya Dalam Upaya Mitigasi Bencana Banjir di Kecamatan Bahorok diketuai oleh William Jordan Nainggolan dibimbing Ayu Febryani, S.Pd, M.Si,  Tim PKM RSH dengan judul Risau Huhuasi: Keberlanjutan Budaya Pemeliharaan Hutan Etnik Batak Toba dalam Analisis Budaya dan Pemetaan Resiko Bencana Longsor di Kabupaten Samosir diketuai Windo Putra Sanjaya Simbolon dan dibimbing oleh Dedi Andriansyah, S.Pd, M.Si

Tim PKM PM dengan judul Kuantum Hypnotherapy Berbasis Mannequin Massage bagi Anak Tunanetra diketuai oleh Emalia Soraya dibimbing oleh Dr. Rita Juliani, S.Si., M.Si.

Tim PKM PI dengan judul Rehabilitasi Strata Perahu menuju Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Tanjungbalai diketuai oleh Tiara Aurelia dibimbing Dr. Rita Juliani, S.Si., M.Si.

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024