Pendaftaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Mandailing Natal resmi ditutup pada Kamis (29/8) pukul 00.00 WIB. Sejak pendaftaran dibuka hingga penutupan ada dua pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang sudah mendaftar.

Adapun kedua pasangan bakal calon yang mendaftar itu adalah pasangan Saipullah Nasution - Atika Azmi Utammi Nasution. Pasangan dengan tagline "Sahata, Madina Maju, Madina Madani" ini diusung oleh PKS, PKB, Partai Demokrat, Partai Nasdem, PPP dan Perindo dan sejumlah partai pendukung lainnya.

Kemudian, pasangan Harun Musthafa Nasution - Muhamad Ichwan Husein Nasution. Pasangan  yang memiliki jargon "On Ma" itu diusung oleh partai Gerindra, Golkar, PAN dan sejumlah partai pendukung lainnya.

Kepala DivisiTeknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mandailing Natal, Muhammad Yasir Nasution yang dikonfirmasi ANTARA, Jumat (30/8) menyampaikan, pendaftaran yang dimulai sejak 27 Agustus tersebut berlangsung lancar tanpa kendala berarti.

Dengan demikian, pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Madina tahun 2024 telah selesai. Berkas kedua bakal calon ini statusnya lengkap dan diterima. 

Dengan ditutupnya pendaftaran tersebut, Pilkada Madina tahun 2024 akan diikuti oleh dua pasangan calon.

Selanjutnya pasangan bakal calon akan melakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Haji Medan. Sesuai Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2024, pelaksanaan pemeriksaan kesehatan akan berlangsung dari tanggal 27 Agustus hingga 2 September 2024. Untuk Madina pelaksanaannya dijadwalkan pada tanggal 1 September mendatang.

"Pemeriksaan ini merupakan salah satu tahapan penting yang harus dilalui oleh setiap bakal pasangan calon guna memastikan bahwa mereka memenuhi syarat kesehatan untuk mengikuti kontestasi pilkada," katanya.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024