Pemkab Langkat, Sumatera Utara, berkomitmen dakam upaya pelestarian lingkungan melalui dukungan penuh terhadap program percepatan rehabilitasi mangrove yang disosialisasikan oleh Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Republik Indonesia (BRGM RI). 

Kepala Dinas Kominfo Langkat Wahyudiarto, di Stabat, Kamis, mengatakan, Kabupaten Langkat yang masuk dalam lokasi indikatif rehabilitasi mangrove, memiliki peran strategis dalam upaya pelestarian lingkungan di tingkat nasional. 

Langkat memiliki ekosistem mangrove yang vital bagi kehidupan, tidak hanya sebagai habitat bagi flora dan fauna, tetapi juga dalam mitigasi perubahan iklim melalui penyerapannya terhadap karbon dioksida dan penghasilannya akan oksigen.

"Pemkab mengapresiasi kehadiran BRGM RI yang memberikan dukungan nyata dalam upaya perbaikan ekosistem mangrove," katanya.

Sebelumnya Plh Deputi Bidang Edukasi dan Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan BRGM RI, Suwignya Utama, mengatakan upaya rehabilitasi mangrove semakin gencar disosialisasikan baik di tingkat global maupun nasional, dengan Sumatera Utara menjadi salah satu target utama.

Sosialisasi yang berlangsung dilakukan selama dua hari di Langkat, diikuti berbagai pemangku kepentingan terkait dan ketua kelompok tani hutan. 

Dengan dukungan penuh dari berbagai pihak, Kabupaten Langkat diharapkan mampu mempercepat rehabilitasi mangrove dan menjadi teladan dalam pelestarian lingkungan di Indonesia.

 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024